Jogja
Kamis, 4 Juli 2013 - 19:56 WIB

Hasil Survei, Indeks Pelayanan Jalan Malioboro Sangat Rendah

Redaksi Solopos.com  /  Sumadiyono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/ dokumen)

Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/ dokumen)

Harianjogja.com,JOGJA—Hasil survei lapangan yang dilakukan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Jogja menunjukkan banyak jalan utama di Jogja mendekati tingkat pelayanan terendah alias nyaris lumpuh.

Advertisement

Kasi Manajemen Lalu Lintas Dinas Perhubungan Jogja Azhar Setiawibawa yang didampingi staf Dina K mengungkapkan berdasar survei itu, jalan-jalan di Jogja sudah mendekati macet. Kepadatan lalu lintas yang ada sudah cukup memprihatinkan. Terlebih saat liburan, volume kendaraan masuk ke Jogja terus meningkat.

“Memang kepadatan lalu lintas terus bertambah, terlebih liburan. Malioboro sangat padat, kalau liburan bisa meningkat 25-30% dari hasil itu,” ucap dia, Kamis (4/7/2013).

Jalan Malioboro dalam survei yang dilakukan sebelum liburan, memiliki volume kendaraan 1.804 satuan mobil penumpang (smp) per jam. Sementara kapasitasnya hanya 2.290 smp per jam. Sehingga indeks pelayanan Jalan Malioboro 0,79 mendekati indeks rendah pelayanan 1, alias kondisi jalan macet total.

Advertisement

Kepadatan itu juga terlihat dari selalu penuhnya lima kantong parkir yang dimiliki pemerintah.Kasi Optimalisasi Parkir Triharyanto menyebutkan setidaknya lima kantong parkir yang ada mampu menampung 72 bus, 465 bus, dan 550 sepeda motor. Sementara saat liburan tempat-tempat parkir itu bisa 2-3 kali full kapasitas.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif