News
Rabu, 3 Juli 2013 - 11:39 WIB

LEBARAN 2013 : Maskapai Siapkan Penerbangan Ekstra

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi Bandara Adi Soemarmo (JIBI/Solopos/Dok.)

Ilustrasi Bandara Adi Soemarmo (Dok/Solopos)

Solopos.com, SOLO — Sejumlah maskapai penerbangan mulai menyiapkan penerbangan ekstra selama Lebaran. Pasalnya, penumpang pesaway dari Bandara Adi Soemarmo pada musim Lebaran tahun ini meningkat 15 persen dibanding tahun lalu.

Advertisement

Assistant Manager Operasional PT Angkasa Pura I Bandara Adi Soemarmo Solo, Rini Sri Rahayu, mengatakan sudah ada maskapai yang mulai mengajukan penerbangan ekstra untuk musim Lebaran. Salah satunya, Airasia rute Solo-Kuala Lumpur.

“Rencananya 1-18 Agustus atau saat arus mudik dan arus balik Lebaran, Airasia akan terbang ke Solo setiap hari,” kata Rini, dalam pesan singkat yang diterima Solopos.com, Rabu (3/7/2013).

Advertisement

“Rencananya 1-18 Agustus atau saat arus mudik dan arus balik Lebaran, Airasia akan terbang ke Solo setiap hari,” kata Rini, dalam pesan singkat yang diterima Solopos.com, Rabu (3/7/2013).

Dari catatan Espos, operasional Airasia ke Solo memang masih didominasi penumpang TKI. Menjelang Lebaran, tingkat keterisian pesawat Airasia akan sangat tinggi karena arus kepulangan TKI meningkat.

Sementara itu, mengenai potensi peningkatan penumpang pesawat via Bandara Adi Soemarmo Solo sebesar 15% itu didasarkan pada jumlah maskapai yang tahun ini beroperasi ke Solo.

Advertisement

Saat ini ada delapan maskapai yang melayani penerbangan dari Solo, yaitu Garuda Indonesia, Lion Air, Sriwijaya Air, dan Citilink, Trigana Air dan Indonesia Air Transport (IAT) untuk penerbangan domestik, dan Airasia serta Silk Air untuk penerbangan Internasional.

Garuda Indonesia dan Lion Air tahun ini sudah memiliki lima frekuensi penerbangan, sementara tahun lalu baru empat frekuensi penerbangan.

General Manager (GM) Bandara Adi Soemarmo Solo, Abdullah Usman, mengatakan dengan jumlah frekuensi ini, dimungkinan Garuda Indonesia dan Lion Air tidak mengajukan penerbangan ekstra saat Lebaran.

Advertisement

Chief Executive Officer (CEO) PT Citilink Indonesia, Arif Wibowo, Rabu kemarin juga mengumumkan penambahan frekuensi penerbangan Citilink pada empat rute, yaitu Jakarta–Banjarmasin, Jakarta–Medan, Jakarta–Semarang, Jakarta–Yogyakarta yang efektif dijalankan Rabu ini. Selain itu, Citilink juga merilis pembukaan rute baru yaitu Jakarta–Pekanbaru mulai Jumat (5/7/2013).

“Untuk rute Jakarta–Banjarmasin kini menjadi dua kali dari satu kali per hari. Jakarta–Medan menjadi empat kali dari tiga kali per hari, kemudian Jakarta–Semarang menjadi dua kali dari satu kali per hari, dan Jakarta–Yogyakarta menjadi dua kali dari satu kali penerbangan setiap harinya,” kata Arif, kepada Solopos.com, Rabu.

Untuk Solo, Citilink juga berencana mengoperasikan kembali pesawatnya untuk melayani penumpang Lebaran ke Solo. Citilink akan beroperasi 31 Juli hingga 7 Agustus dan 11-18 Agustus, dengan rute Solo-Balikpapan.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif