LEBARAN 2013
Maskapai Siapkan Penerbangan Ekstra

Ilustrasi Bandara Adi Soemarmo (JIBI/Solopos/Dok.)Ilustrasi Bandara Adi Soemarmo (JIBI/Solopos/Dok.)

Solopos.com, SOLO – Sejumlah maskapai penerbangan mulai menyiapkan penerbangan ekstra selama Lebaran. Pasalnya, penumpang pesaway dari Bandara Adi Soemarmo pada musim Lebaran tahun ini meningkat 15 persen dibanding tahun lalu.

Assistant Manager Operasional PT Angkasa Pura I Bandara Adi Soemarmo Solo, Rini Sri Rahayu, mengatakan sudah ada maskapai yang mulai mengajukan penerbangan ekstra untuk musim Lebaran. Salah satunya, Airasia rute Solo-Kuala Lumpur.

“Rencananya 1-18 Agustus atau saat arus mudik dan arus balik Lebaran, Airasia akan terbang ke Solo setiap hari,” kata Rini, dalam pesan singkat yang diterima Solopos.com, Rabu (3/7/2013).

Dari catatan Espos, operasional Airasia ke Solo memang masih didominasi penumpang TKI. Menjelang Lebaran, tingkat keterisian pesawat Airasia akan sangat tinggi karena arus kepulangan TKI meningkat.

Sementara itu, mengenai potensi peningkatan penumpang pesawat via Bandara Adi Soemarmo Solo sebesar 15% itu didasarkan pada jumlah maskapai yang tahun ini beroperasi ke Solo.

Dari data PT Angkasa Pura I Bandara Adi Soemarmo Solo pada musim Lebaran tahun 2012, jumlah penumpang dari Bandara Solo selama H-9 hingga H+7 Lebaran sebanyak 32.085 orang, sedang pada musim Lebaran 2011 hanya sebanyak 27.718 orang.

Saat ini ada delapan maskapai yang melayani penerbangan dari Solo, yaitu Garuda Indonesia, Lion Air, Sriwijaya Air, dan Citilink, Trigana Air dan Indonesia Air Transport (IAT) untuk penerbangan domestik, dan Airasia serta Silk Air untuk penerbangan Internasional.

Garuda Indonesia dan Lion Air tahun ini sudah memiliki lima frekuensi penerbangan, sementara tahun lalu baru empat frekuensi penerbangan.

General Manager (GM) Bandara Adi Soemarmo Solo, Abdullah Usman, mengatakan dengan jumlah frekuensi ini, dimungkinan Garuda Indonesia dan Lion Air tidak mengajukan penerbangan ekstra saat Lebaran.

Chief Executive Officer (CEO) PT Citilink Indonesia, Arif Wibowo, Rabu kemarin juga mengumumkan penambahan frekuensi penerbangan Citilink pada empat rute, yaitu Jakarta–Banjarmasin, Jakarta–Medan, Jakarta–Semarang, Jakarta–Yogyakarta yang efektif dijalankan Rabu ini. Selain itu, Citilink juga merilis pembukaan rute baru yaitu Jakarta–Pekanbaru mulai Jumat (5/7/2013).

“Untuk rute Jakarta–Banjarmasin kini menjadi dua kali dari satu kali per hari. Jakarta–Medan menjadi empat kali dari tiga kali per hari, kemudian Jakarta–Semarang menjadi dua kali dari satu kali per hari, dan Jakarta–Yogyakarta menjadi dua kali dari satu kali penerbangan setiap harinya,” kata Arif, kepada Solopos.com, Rabu.

Untuk Solo, Citilink juga berencana mengoperasikan kembali pesawatnya untuk melayani penumpang Lebaran ke Solo. Citilink akan beroperasi 31 Juli hingga 7 Agustus dan 11-18 Agustus, dengan rute Solo-Balikpapan.

Editor: | dalam: Ekonomi |
Iklan Cespleng
Menarik Juga »