Soloraya
Selasa, 2 Juli 2013 - 14:13 WIB

MUDIK LEBARAN 2013 : Penumpang di Tirtonadi Diprediksi Naik 16 Persen

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Terminal Tirtonadi (Dok/Solopos)

Terminal Tirtonadi (Dok/Solopos)

SOLO — Jumlah penumpang arus mudik dan balik Lebaran di Terminal Tirtonadi Solo diprediksikan melonjak 16% atau 33.500 orang dibanding tahun lalu. Puncak arus mudik bakal terjadi pada H-2 dan H+2 Lebaran.

Advertisement

Hal tersebut disampaikan Kasubag TU UPTD Terminal Tirtonadi Eko Agus Susanto dalam rapat koordinasi (rakor) persiapan mudik Lebaran 2013 di kantor UPTD Terminal Tirtonadi, Selasa (2/7/2013). Rakor diikuti komunitas becak, ojek, asongan, HPKT, carteran, Hibak, Habma, pembersih bus, aparat kepolisian dan instansi terkait.

Eko menyebutkan jumlah kedatangan penumpang terminal pada puncak mudik Lebaran mencapai 68.900 orang dan 2.850 bus. Sedangkan pada puncak balik Lebaran, Eko menambahkan jumlah penumpang yang diberangkatkan mencapai 57.750 orang dan total armada 2.350 bus.

“Puncak Lebaran lalu terjadi pada H-2 dan H+2. Kami prediksikan tahun ini puncak mudik Lebaran tanggal 3 Agustus dan arus balik pada 10 Agustus nanti dengan kenaikan 16%,” ujarnya.

Advertisement

Selain memprediksikan kenaikan kedatangan maupun pemberangkatan penumpang, Eko juga memprediksikan kenaikan kedatangan jumlah armada bus mudik gratis mencapai 600 unit. Tahun lalu, Eko menuturkan jumlah kedatangan bus mudik gratis dari Jakarta dan sekitarnya menca[ai 550 unit.

“Kami perkirakan bus mudik gratis naik 50-an unit dari tahun lalu,” tuturnya.

Eko menuturkan akan menyiapkan kantong-kantong parkir bus di Pedaringan dan Manahan. Hal ini disiapkan jika area terminal overload atau tidak mampu menampung jumlah armada bus yang datang ke Terminal Tirtonadi.

Advertisement

Kepala UPTD Terminal Tirtonadi MV Djammila meminta seluruh komunitas terminal untuk menjaga keamanan dan kenyamanan selama mudik Lebaran. Dia mengatakan berbagai persiapan telah dilakukan menjelang arus mudik Lebaran. Pihaknya memastikan seluruh komunitas menjalankan kerja sesuai aturan.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif