News
Senin, 1 Juli 2013 - 19:20 WIB

BEASISWA BIDIK MISI : Rp360 Juta Milik Mahasiswa IAIN Solo Belum Cair

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO — Sebanyak 60 mahasiswa penerima Beasiswa Bidikmisi Institut Agama Islam (IAIN) Solo belum menerima Beasiswa Bidikmisi periode Januari-Juni 2013. Padahal, beasiswa tersebut sedianya cair di awal tahun.

Wakil Ketua III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama IAIN Solo, Yusup Rohmadi, saat dihubungi Solopos.com, Senin (1/7/2013) sore, mengatakan 60 penerima beasiswa terdiri dari 30 mahasiswa angkatan 2011 dan 30 mahasiswa angkatan 2012. Masing-masing mahasiswa berhak menerima beasiswa sebesar Rp6 juta per semester. Sebesar Rp3,6 juta dari jumlah beasiswa sedianya dimanfaatkan untuk biaya hidup mahasiswa, sedangkan Rp2,4 juta digunakan untuk keperluan SPP dan praktikum.

Advertisement

Menurut Yusup, penyebab belum cairnya beasiswa dengan jumlah total Rp360 juta itu diduga karena perubahan sistem pencairan dana di Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Akibat perubahan itu, beberapa sistem pos anggaran, termasuk untuk Beasiswa Bidikmisi terblokir sementara. Belum cairnya Beasiswa Bidikmisi berlaku secara nasional kepada Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (PTAIN).

Untuk memperbaharui data, pihaknya sudah mengirimkan kembali seluruh data adminstrasi 60 mahasiswa pada pertengahan Juni lalu.

“Data administrasi dari kampus sudah lengkap, meliputi biodata mahasiswa, nomor induk mahasiswa, kelengkapan data dari setiap program studi (prodi) dan sebagainya. Data yang terkumpul adalah data yang terbaru. Jadi secara syarat administrasi, pengajuan kami sudah lengkap,” terangnya.

Advertisement

Meski demikian, Yusuf mengaku pihaknya tidak menyiapkan dana talangan bagi 60 mahasiswa. Alasannya, IAIN termasuk perguruan tinggi (PT) milik pemerintah dan tidak memiliki kelebuhan dana cadangan. Solusinya, mahasiswa penerima beasiswa diminta menghemat dana Beasiswa Bidikmisi tahun sebelumnya. Yusup menambahkan, setelah pembaruan data, Beasiswa Bidikmisi kemungkinan akan cair pertengahan atau akhir Juli.

Di Institut Seni Indonesia (ISI) Solo, program Beasiswa Bidikmisi mengalami perombakan sistem sejak setahun terakhir. Sekretaris Penerimaan Mahasiswa Baru ISI Solo, Budi Prasetyo, mengungkapkan calon penerima Beasiswa Bidikmisi angkatan 2012 mesti menjalani tes bakat. Hal itu dilakukan karena adanya tren putus kuliah di kalangan penerima beasiswa tersebut. Putus kuliah disebabkan mahasiswa merasa tidak mampu melanjutkan kegiatan perkuliahan.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif