Jogja
Sabtu, 27 April 2024 - 12:21 WIB

Kabar Duka, Penyair Terbaik Indonesia Joko Pinurbo Meninggal Dunia

Redaksi Solopos.com  /  Mariyana Ricky P.D  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Joko Pinurbo meninggal dunia, Sabtu (27/4/2024). (Istimewa)

Solopos.com, JOGJA – Penyair terkemuka Indonesia Joko Pinurbo dikabarkan meninggal dunia pada usianya yang ke-62 tahun di kotanya tempat tinggal Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sabtu (27/4/2024) pukul 06.03 WIB.

Kabar itu diperkuat dengan unggahan dari salah satu rekannya Ulin Ni’am Yusron di Instagram @ulinyusron.

Advertisement

“Innalillahi wa innaillaihi rojiun. Telah berpulang penyair, panutan dan pembimbingku waktu S2 IKJ Mas @jokpin.jogja tadi pagi. Saat ini jenazah masih di RS dan akan disemayamkan di PUKY siang nanti. Almarhum akan dimakamkan besok Minggu di Sleman,” kata Ulin dalam unggahannya itu, Sabtu.

Dilansir Antara, Joko Pinurbo yang kerap disapa Jokpin dikenal sebagai penyair yang telah memiliki nama besar di Indonesia. Karya-karyanya telah menginspirasi banyak penggemarnya termasuk generasi muda.

Beberapa karyanya yang dikenal di antaranya Celana (1999), Celana Pacarkecilku di Bawah Kibaran Sarung (2007), Di Bawah Kibaran Sarung (2001), Pacarkecilku (2002), hingga Telepon Genggam (2003).

Advertisement

Terbaru karyanya dirilis dalam bentuk buku pada 2020 bertajuk Perjamuan: Khong Guan: Kumpulan Puisi. Di media sosial ia dikenal menggemakan pesan #SelamatMenunaikanIbadahPuisi.

Menutup pesannya untuk sosok yang pernah membimbingnya, Ulin mengatakan, “Sugeng Tindak Mas Jokpin. Selamat berkumpul di swargaloka, mencipta puisi indah bersama Pak @damonosapardi”.

Jenazah Jokpin akan disemayamkan di rumah duka PUKY, Sonosewu, Kasihan Bantul. Jokpin akan dimakamkan di pemakaman Demangan Wedomartani, Ngemplak, Sleman.

Advertisement

Jokpin lahir di Sukabumi, Jawa Barat pada 11 Mei 1962. Dia menulis sejak duduk di bangku sekolah dasar. Jokpin merupakan lulusan Jurusan Pendidikan dan Sastra Institut Keguruan dan Ilmu Kependidikan (IKIP) Sanata Dharma. Dia juga pernah belajar di Seminari Menengah Santo Petrus Canisius Mertoyudan, Magelang, Jawa Tengah.

Advertisement
Kata Kunci : Joko Pinurbo Kabar Duka
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif