News
Kamis, 27 Juni 2013 - 20:40 WIB

Galangan Kapal Spanyol Menangi Tender Bikin Kapal Latih Pengganti KRI Dewaruci

Redaksi Solopos.com  /  R. Bambang Aris Sasangka  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (en.wikipedia.org)

Gambar rekaan artis mengenai kapal latih baru TNI AL yang akan menggantikan kapal layar legendaris KRI Dewaruci. (oliverdesign.es)

VIGO – Galangan kapal Paulino Freire di Vigo, Spanyol, memenangi tender pembangunan kapal latih baru bagi TNI AL. Kapal latih dalam bentuk kapal layar tiang tinggi (tall ship) tersebut akan menjadi pengganti kapal layar latih legendaris KRI Dewaruci.
Advertisement

Menurut sumber di galangan kapal tersebut seperti dikutip dalam situs berita berbahasa Spanyol, europapress.es, 12 Juni lalu, mereka memenangi persaingan final dalam tender itu dari galangan kapal lain asal Polandia. Nilai kontrak pembuatan kapal layar jenis schooner atau sekunar itu 52 juta euro atau lebih kurang Rp672,5 miliar. Kapal ini akan dibangun mulai awal tahun depan dan diperkirakan rampung dalam waktu dua tahun.

Kapal baru ini akan lebih besar dari Dewaruci dengan panjang 110 meter dan menggunakan layar tipe Bricbarca dengan luas total layar 3.350 meter persegi. Kapal ini diproyeksikan mampu menampung 200 orang, 120 orang di antaranya taruna.

Sebagai perbandingan, KRI Dewaruci yang dibuat oleh galangan kapal HC Stulcken & Sohn, Jerman, tahun 1952, adalah kapal tipe barquentine dengan panjang 58,3 meter dan luas layar total 1.091 meter persegi. Kapal ini mampu menampung 81 awak dan 75 taruna.

Advertisement

KRI Dewaruci saat berlayar di perairan Newport, Rhode Island, AS, dalam sebuah misi muhibah. Kapal latih taruna Akademi TNI AL ini sudah menjadi legenda tersendiri di dunia kapal layar tiang tinggi dan kehadirannya di berbagai negara selalu dinanti. (en.wikipedia.org)

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif