News
Rabu, 26 Juni 2013 - 20:16 WIB

UNPK SOLO : Ujian Gelombang II Digelar Awal Juli, Disdikpora Siapkan 18 Ruang

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Ilustrasi pelaksanaan ujian kesetaraan. (JIBI/SOLOPOS/Antara)

SOLO — Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Solo menyiapkan 18 ruang untuk pelaksanaan Ujian Nasional Program Kesetaraan (UNPK) Gelombang II, Senin-Kamis (1-4/7/2013) mendatang. UNPK Gelombang II akan diikuti 304 peserta Paket A, Paket B, Paket C dan Paket C Kejuruan.

Advertisement

Berdasarkan data yang dihimpun Solopos.com dari Bidang Pendidikan Nonformal (PNF) Disdikpora Solo, peserta UNPK Gelombang II terdiri dari 16 peserta Paket A, 137 peserta Paket B, 127 peserta Paket C dan 24 peserta Paket C Kejuruan. Peserta Paket C Kejuruan meliputi 14 peserta program keahlian teknik, tiga peserta program keahlian pariwisata dan tujuh program keahlian manajemen bisnis.

Kepala Bidang (Kabid) PNF Disdikpora Solo, Wahyu Widayati, mengatakan dari keseluruhan peserta UNPK Gelombang II, 56 orang di antaranya berasal dari pendidikan formal yang tidak lulus dalam Ujian Nasional (UN) masing-masing jenjang. Sebanyak 248 peserta lain adalah mereka yang tidak lulus UNPK Gelombang I lalu.

Wahyu melanjutkan, UNPK Gelombang II dilaksanakan di SMP Kristen I Solo dengan melibatkan 36 pengawas. Setiap hari, UNPK dimulai sejak pukul 13.30WIB. Pelaksanaan satu mata ujian diberi alokasi waktu sekitar 120 menit. Standar soal yang digunakan kurang lebih sama dengan standar materi pendidikan formal. Macam soal yang digunakan sebanyak 20 jenis soal. “Dalam UNPK Gelombang II, satu ruang ujian tidak lagi diisi satu komunitas belajar seperti UNPK sebelumnya. Untuk memeratakan persebaran peserta, satu ruang ujian diisi oleh peserta dari berbagai kelompok belajar,” ujar Wahyu ketiak ditemui wartawan di ruang kerjanya, Rabu (26/6/2013) siang.

Advertisement

Mengantisipasi absennya peserta, Panitia UNPK Gelombang II mengirimkan surat dispensasi tidak masuk bekerja bagi sejumlah peserta yang bekerja pagi hingga sore hari. Selain itu, Bidang PNF pun meminta kepada setiap kelompok belajar dan Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Disdikpora lima kecamatan untuk mengurus perizinan kepada masing-masing tempat kerja peserta. “Kami berharap semua peserta yang sudah terdaftar tidak absen hingga akhir pelaksanaan ujian. UNPK Gelombang II merupakan ujian kesetaraan terakhir yang dilaksanakan tahun ini. Jika masih ada peserta yang belum lulus, bisa mengikuti UNPK 2014,” tuturnya.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif