Soloraya
Rabu, 26 Juni 2013 - 02:45 WIB

Masyarakat Diminta Waspadai DB dan Cikungunya

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Foto ilustrasi. (JIBI/Harian Jogja/Dok)

SRAGEN–Musim hujan yang berkepanjangan membuat Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Sragen mengimbau masyarakat mewaspadai penyakit demam berdarah dan cikungunya. Pasalnya, dua penyakit yang ditularkan melalui gigitan nyamuk itu marak saat musim penghujan.

Pelaksana Tugas (plt) DKK Sragen, Farid Anshori, Selasa (25/6), menjelaskan kedua penyakit tersebut memang patut diwaspadai. Tahun ini jumlah penderita demam berdarah menurutnya meningkat jika dibandingkan tahun lalu. Sementara, untuk cikungunya, ada beberapa masyarakat di Kecamatan Gondang yang terserang penyakit tersebut. Padahal tahun lalu tak ada kasus penderita cikungunya di Kabupaten Sragen. “Kalau cikungunya sudah mulai mereda,” tambah Farid.

Advertisement

Farid mengatakan selain karena adanya anomali cuaca yang menyebabkan panjangnya musim hujan, maraknya dua penyakit tersebut juga disebabkan karena pola kehidupan masyarakat. Ia mengimbau masyarakat sekitar untuk menjaga kebersihan lingkungan. Salah satunya ialah dengan memberantas pusat sarang nyamuk yang biasanya terdapat di sejumlah benda-benda yang digenangi air bersih.

Menurut Farid pemberantasan sarang nyamuk itu cara paling efektif untuk pencegahan demam berdarah dan cikungunya dibandingkan fogging atau pengasapan. Pasalnya, fogging hanya mampu mengusir nyamuk dari sarangnya. Sementara, jentik-jentik nyamuk masih tinggal dalam genangan air bersih tersebut.

Lebih lanjut, menurut Farid, pada bulan ini jumlah masyarakat Sragen yang sakit cenderung mengalami penurunan. Hal itu dilihat berdasarkan jumlah pasien yang masuk di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sragen. “Kalau saya lihat jumlah pasien, bulan ini mengalami penurunan. Jumlah pasien enggak sampai membeludak,” tambahnya saat berbincang dengan Espos di ruang kerjanya.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif