Soloraya
Selasa, 25 Juni 2013 - 23:28 WIB

TEMUAN ARTEFAK WONOGIRI : Manusia Purba Wonogiri Patahkan Teori

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi manusia purba (zmescience.com)

Ilustrasi manusia purba (zmescience.com)

WONOGIRI—Arkeolog UGM ikut serta dalam Tim  Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Tengah yang meneliti Gua Song Gilap Wonogiri, Senin-Sabtu (24-29/6/2013).
Advertisement

Arkeolog UGM, JSE Yuwono yang ikut dalam penelitian itu mengatakan telah ditemukan artefak berupa spatula atau tulang binatang yang telah diruncingkan dan dihaluskan.

Penelitian yang telah dilakukan pada beberapa gua di Wonogiri menunjukkan gua telah menjadi tempat bermukim manusia purba selama ribuan tahun.

“Kehidupan pada gua-gua di Pegunungan Seribu (Gunung Sewu) mematahkan teori yang dianut selama ini. Sebelumnya, kehidupan manusia purba diduga nomaden (berpindah-pindah tempat). Tapi di Gunung Sewu, manusia purba menetap di satu gua selama ribuan tahun,” ujarnya.

Advertisement

Menurut analisanya, Wonogiri merupakan titik migrasi manusia purba dari Pacitan ke Wonosari (Daerah Istimewa Yogyakarta). Sebab, penggalian di gua wilayah Pacitan menghasilkan artefak yang lebih lengkap yang umurnya lebih lebih tua dan penemuan artefak di Wonosari lebih muda.

“Fosil manusia memang belum kami temukan. Tetapi belum tentu tidak ada karena mungkin berada di lapisan dalam. Saat ini, kami meneliti tidak berdasarkan kedalaman, namun berdasarkan waktu,” imbuhnya.

Ia menambahkan hasil ekskavasi tidak bisa dilakukan dengan satu studi karena memerlukan penelitian lebih lanjut.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif