Soloraya
Selasa, 25 Juni 2013 - 22:00 WIB

TEMUAN ARTEFAK WONOGIRI : 5 Gua Diusulkan Jadi Cagar Budaya

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Gua Song Gilap Wonogiri (Ayu A/JIBI/SOLOPOS)

Gua Song Gilap Wonogiri (Ayu A/JIBI/SOLOPOS)

WONOGIRI— Tim  Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Tengah bersama arkeolog Universitas Gadjah Mada (UGM) Jogja, meneliti Gua Song Gilap Wonogiri, Senin-Sabtu (24-29/6/2013).
Advertisement

Penelitian itu  terkait temuan pisau dari tulang yang diduga peninggalan manusia purba dan sisa-sisa makanan di gua itu.  Adapun penelitian kali ini difokuskan pada mulut gua untuk mengetahui sejauh mana potensi temuan yang ada di Gua Song Gilap.

Ketua Tim Penggalian dan Penyelamatan Situs BPCB Jateng, Sugeng Widodo, kepada wartawan, Selasa (25/6), mengatakan gua Song Gilap merupakan satu dari lima gua yang sedang diinventarisasi untuk diusulkan menjadi benda cagar budaya. Lima gua tersebut adalah Gua Song Gilap, Sodong, Tembus, Mrica dan Potrobunder.

“Selama ini, belum ada gua di Wonogiri yang dijadikan cagar budaya. Kami berharap temuan penelitian ini berpotensi mendukung Gua Song Gilap menjadi cagar budaya,” ujarnya.

Advertisement

Sementara itu, Arkeolog UGM, JSE Yuwono yang ikut dalam penelitian itu mengatakan telah ditemukan artefak berupa spatula atau tulang binatang yang telah diruncingkan dan dihaluskan.

Biasanya, alat itu untuk menggali saat bercocok tanam dan ada fragmen atau kepingan gerabah. Sedangkan tulang-belulang yang ditemukan berupa tengkorak kera ekor panjang, cangkang kerang dan tulang binatang lainnya.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif