Soloraya
Senin, 24 Juni 2013 - 15:56 WIB

PILKADES BOYOLALI : Perhitungan Suara Belum Selesai, Petahana Kades Sawahan Akui Kekalahan

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

BOYOLALI — Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Sawahan, Kecamatan Ngemplak, Boyolali yang digelar Minggu (23/6/2013) akhirnya dimenangkan oleh Poniman (Kadus III Sawahan) dengan mengantongi 3.195 dukungan warga. Ia mengalahkan incumbent atau petahana, Lasimin, yang hanya mendapat 2.438 suara.

Informasi yang dihimpun Solopos.com, Senin (24/6/2013), jumlah daftar pemilih tetap (DPT) dalam pilkades itu berjumlah 7.498. Namun, dalam pelaksaan pemungutan suara, sebanyak 1.481 pemilih tidak menggunakan hak pilihnya. Artinya, pemilih yang hadir dalam pemungutan suara berjumlah 6.017 orang.

Advertisement

Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Sawahan, Bentur Nurahmat, ketika ditemui Solopos.com di kantor kecamatan setempat, Senin, mengatakan pelaksanaan pilkades secara umum berjalan dengan lancar. Ia mengapresiasi masyarakat yang turut menjaga keamanan dan kondusifitas desa.

“Saya juga apresiasi kepada kedua calon, Pak Lasimin dan Pak Poniman. Mereka menerima hasil dengan legawa. Bahkan, Pak Lasimin telah bersedia menandatangani berita acara sebelum penghitungan suara selesai dilakukan. Saya anggap itu jiwa besar beliau yang rela menerima hasil pilkades,” ujarnya.

Menurutnya, setelah hasil penghitungan didapat, BPD akan segera melaporkan hal tersebut kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali. Selanjutnya, BPD akan menunggu keputusan Pemkab terkait waktu pelantikan kades yang baru.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif