News
Senin, 24 Juni 2013 - 19:27 WIB

KASUS IMPOR DAGING SAPI : Tangan Kanan Mantan Presiden PKS Pernah Dipidana

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Tangan kanan mantan Presiden OKS yang turut menjadi terdakwa kasus suap impor daging sapi , Ahmad Fathanah (tengah) meninggalkan gedung Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Jakarta, seusai menjalani sidang perdana, Senin (24/6/2013).

Tangan kanan mantan Presiden OKS yang turut menjadi terdakwa kasus suap impor daging sapi , Ahmad Fathanah (tengah) meninggalkan gedung Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Jakarta, seusai menjalani sidang perdana, Senin (24/6/2013).

JAKARTA — Ahmad Fathanah yang merupakan teman dekat mantan Presiden Partai Keadilan Sejahtera Luthfi Hasan Ishaaq (LHI) pernah dipidana atas tindak pidana penipuan terkait perjanjian bisnis. Ia juga pernah dihukum di luar negeri terkait perkara penyelundupan orang.

Advertisement

Aib Fathanah yang selama ini dikenal luas sebagai tangan kanan LHI itu diungkapkan jaksa penuntut umum saat membacakan dakwaan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Jakarta, Senin (24/6/2013). LHI dan Ahmad Fathanah dekat sejak berkenalan saat mereka sama-sama belajar di Arab Saudi, pertengahan 1985.

Setelah pulang ke Indonesia, awal 2004, LHI dan Fathanah mendirikan PT Atlas Jaringan Satu (AJS) yang bergerak di bidang telekomunikasi. LHI duduk sebagai Komisaris dan Ahmad Fathanah sebagai Direktur. “Namun, pada awal 2005, perusahaan itu tidak efektif lagi karena Ahmad Fathanah dipidana atas tindak pidana penipuan terkait perjanjian bisnis antara PT AJS dengan PT Osami Multimedia,” papar jaksa.

Bukan hanya tersangkut kasus penipuan, tangan kanan LHI itu juga berstatus narapidana kasus penyelundupan orang. “Dan pada sekitar 2007-2009, Ahmad Fathanah juga pernah dihukum di luar negeri terkait perkara penyelundupan orang,” ungkap Jaksa.

Advertisement

Menurut Jaksa, Luthfi Hasan sejak 2011 sering didampingi Ahmad Fathanah dalam berbagai kegiatan sehingga Ahmad Fathanah dikenal sebagai orang kepercayaan Luthfi Hasan yang dapat menjadi penghubung dalam mengusahakan perusahaan-perusahaan untuk memperoleh proyek pemerintah antara lain proyek-proyek di Kementerian Pertanian.

 

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif