BLSM
Pencairan Kisruh, Dahlan Iskan Minta Maaf

Menteri BUMN Dahlan Iskan menyapa warga yang antre menerima bantuan langsung sementara masyarakat (BLSM) di Kantor Pos Nusukan, Solo, Senin (24/6/2013). Dahlan Iskan memantau langsung pelaksanaan penyaluran BLSM. (JIBI/SOLOPOS/Burhan Aris Nugraha)Menteri BUMN Dahlan Iskan menyapa warga yang antre menerima bantuan langsung sementara masyarakat (BLSM) di Kantor Pos Nusukan, Solo, Senin (24/6/2013). Dahlan Iskan memantau langsung pelaksanaan penyaluran BLSM. (JIBI/SOLOPOS/Burhan Aris Nugraha)

SOLO—Pencairan dana bantuan langsung sementara masyarakat (BLSM) di Kantor Pos Nusukan, Banjarsari, Senin (24/6/2013) dihadiri Menteri BUMN Dahlan Iskan. Terkait kekisruhan yang terjadi saat pencairan itu, Dahlan minta maaf.

Dahlan Iskan yang datang meninjau pencairan BLSM langsung menyapa warga dan bertanya keluh kesah warga terkait BLSM. Dahlan sempat berbincang dengan seorang warga, Sukini, yang mengeluh datang pukul 09.00 WIB dan meninggalkan pekerjaannnya, namun mendapati antrean panjang.

Seketika pria yang saat itu mengenakan baju putih tersebut minta maaf kepada warga. “Saya minta maaf karena panjenengan semua sudah datang sejak pagi. Panjenengan tidak usah khawatir karena pengambilan BLSM dilayani sampai 2 Desember. Jadi diambil besok bisa, diambil pekan depan bisa, bulan depan juga bisa,” jelasnya kepada warga.

Direktur Utama PT Pos Indonesia, I Ketut Mardjana, menyoroti dua hal terkait membludaknya warga saat penngambilan BLSM tersebut. Dia memperkirakan warga mengetahui Menteri BUMN datang ke Kantor Pos Nusukan sehingga mereka berbondong-bondong ke lokasi tersebut sekalian mengambil BLSM.

Kedua, lanjutnya, sebagian warga terprovokasi dengan kekhawatiran jadwal pengambilan BLSM hari tersebut sehingga jika tidak diambil uangnya akan hangus.

“Kami akan meningkatkan sosialisasi agar nantinya tidak terjadi antrean panjang seperti ini. Namun, jika sesuai jadwal saya rasa antrean tidak membludak,” jelasnya.

Kepala Kantor Pos Solo, Achmad Chaerul Hadi, mengatakan pihaknya melakukan penjadwalan kepada warga penerima BLSM dari pukul 07.00 WIB – 17.00 WIB. Sebelumnya, pihaknya telah mengumumkan kepada ketua RW di seuruh kelurahan Nusukan terkait jadwal pengambilan BLSM di Kantor Pos Nusukan pada Senin.

Meski demikian, dia tidak menduga adanya antrean panjang saat pengambilan BLSM hari pertama di Solo tersebut. “Sebetulnya jadwalnya tidak cuma hari ini, sehingga warga tidak perlu terburu-buru. Sebab bagi pemegang KPS, uangnya tidak akan hilang,” terangnya kepada wartawan.

Editor: | dalam: Solo |
Iklan Cespleng
Menarik Juga »