Umum
Minggu, 23 Juni 2013 - 16:15 WIB

PREDIKSI NIGERIA Vs SPANYOL : Spanyol Diunggulkan, Elang Super Tak Gentar

Redaksi Solopos.com  /  Imam Yuda Saputra  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Para pemain Spanyol melakukan selebrasi seusai mencetak gol. dokJIBI/SOLOPOS/Reuters

Advertisement

Para pemain Spanyol melakukan selebrasi seusai mencetak gol. dokJIBI/SOLOPOS/Reuters

CEARA –Misi berat diusung Nigeria dalam laga terakhir babak penyisihan Grup B Piala Konfederasi 2013. Super Eagles, julukan Nigeria, dituntut untuk menghentikan laju juara Piala Dunia 2010, Spanyol, dalam bentrokan di Estádio Governador Plácido Aderaldo Castelo, Senin (24/6/2013) dini hari WIB, demi mengamankan langkahnya ke semifinal.

Membendung laju Spanyol bukanlah sesuatu hal yang mudah. Sejauh ini Los Rojiblancos, julukan Spanyol, belum terkalahkan.

Advertisement

Bahkan pada pertandingan sebelumunya, juara Eropa 2012 itu tampil moncer dengan membantai Tahiti 10-0 di Rio de Janeiro, Jumat (21/6/2013) dini hari WIB.

Hal itu cukup kontras dengan apa yang dialami Nigeria. Nigeria yang tampil di Piala Konfederasi 2013 dengan status juara Afrika baru saja menelan kekalahannya yang pertama sepanjang 20 pertandingan terakhir yang dilakoninya. Super Eagles takluk atas Uruguay dengan skor tipis 2-1.

Karenanya tak heran seandainya dalam laga ini Spanyol lebih diunggulkan untuk memenangi pertandingan dan mengirim Nigeria pulang lebih awal.

Dalam prediksi yang diusung Soccerway.com, sebanyak 18,12% menjagokan Spanyol menang 3-1. Sementara 12,37% lainnya mengunggulkan Spanyol menang 3-0 dan sisanya, 10,23% menjagokan Spanyol menang 2-0.

Advertisement

Namun, kendati lawan lebih diunggulkan Nigeria tak akan ciut nyali. Juara Piala Afrika 2013 ini percaya diri mampu menjungkalkan Spanyol.

Terlebih sejarah pertemuan keduanya lebih berpihak kepada Nigeria. Super Eagles pernah bersua Spanyol kali pertama dan terakhir pada Piala Dunia 1998 lalu. Saat itu Nigeria mampu mengalahkan Spanyol 3-2 di fase grup. Kemenangan itu membawa Nigeria lolos ke babak selanjutnya sebagai pemuncak klasemen dan mengirim Spanyol tereliminasi secara prematur.

“Segala hal bisa terjadi saat melawan Spanyol. Segalanya bisa dicapai, itu tergantung seberapa besar niat yang Anda miliki. Seberapa buruk Anda menginginkannnya dan tentunya juga element keberuntungan yang berada di pihakmu. Saya tak bisa mempertanyakan level komitmen anak-anak dan loyalitas mereka,” ujar  pelatih Nigeria, Stephen Keshi.

Secara teoritis, kedua tim akan bermain habis-habisan dalam laga ini. Secara matematis, Nigeria dan Spanyol masih memiliki peluang melaju ke semifinal, namun juga berpeluang terjungkal. Spanyol tinggal butuh satu poin untuk memastikan langkahnya ke posisi puncak Grup B, sementara Nigeria butuh kemenangan dan berharap agregat golnya lebih baik dibanding Uruguay, yang pada partai lainnya menghadapi tim lemah Tahiti.

Advertisement

Lima Pertandingan Terakhir Nigeria :

21 Jun 2013    Nigeria 1 – Uruguay 2      ( Piala Konfederasi FIFA )

18 Jun 2013    Tahiti 1 – Nigeria 6         ( Piala Konfederasi FIFA )

13 Jun 2013    Namibia 1 – Nigeria 1      ( PPD 2014 CAF )

Advertisement

5 Jun 2013    Kenya 0 – Nigeria 1         ( PPD 2014 CAF )

1 Jun 2013    Meksiko 2 – Nigeria 2      ( Ujicoba Antarnegara )

Lima Pertandingan Terakhir Spanyol :

21 Jun 2013    Spanyol 10 – Tahiti 0         ( Piala Konfederasi FIFA )

17 Jun 2013    Spanyol 2 – Uruguay 1       ( Piala Konfederasi FIFA )

12 Jun 2013    Spanyol 2 – Irlandia 0        ( Ujicoba Antarnegara )

Advertisement

 9 Jun 2013    Spanyol 2 – Haiti 1            ( Ujicoba Antarnegara )

27 Mar 2013    Prancis 0 – Spanyol 1         ( PPD 2014 UEFA )

Prakiraan Susunan Pemain

Nigeria ( 4-4-2 )

Vincent Enyeama ( Kiper ), Godfrey Oboabona ( Bek ), Uwa Elderson Echiejile ( Bek ), E. Ambrose ( Bek ), Kenneth Omeruo ( Bek ), John Obi Mikel ( Gelandang ), Fegor Ogude ( Gelandang ), Sunday Mba ( Gelandang ), Nnamdi Oduamadi ( Gelandang ), Ahmed Musa ( Stiker ), Anthony Ujah ( Stiker ).

Spanyol ( 4-4-2 )

Victor Valdes ( Kiper ), Piqué ( Bek ), Sergio Ramos ( Bek ), Arbeloa ( Bek ), Jordi Alba ( Bek ), Javi Martínez ( Gelandang ), Santi Cazorla ( Gelandang ), Jesús Navas González ( Gelandang ), Pedro ( Gelandang ), Juan Mata ( Stiker ), Fernando Torres ( Stiker ).

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif