Sport
Senin, 29 April 2024 - 12:28 WIB

Shin Tae-yong Yakin Persembahkan Tiket Olimpiade untuk Indonesia Malam Ini

Redaksi Solopos.com  /  Abu Nadzib  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pelatih Timnas U23 Indonesia, Shin Tae-yong (Istimewa)

Solopos.com, DOHA — Pelatih Timnas U-23 Indonesia, Shin Tae-yong, bertekad mempersembahkan tiket olimpiade untuk Indonesia yang telah menunggu 68 tahun.

Sepak bola Indonesia pernah berlaga di Olimpiade Melbourne pada tahun 1956 silam. Sejak saat ini, Indonesia selalu gagal meraih tiket olimpiade.

Advertisement

Tekad mempersembahkan tiket olimpiade digaungkan Shin Tae-yong dalam jumpa pers jelang laga kontra Uzbekistan di semifinal Piala Asia U-23, seperti dikutip Solopos.com dari laman PSSI, Senin (29/4/2024).

Laga kedua tim akan digelar di Stadion Abdullah bin Khalifah, Doha malam ini pukul 21.00 WIB.

Advertisement

Laga kedua tim akan digelar di Stadion Abdullah bin Khalifah, Doha malam ini pukul 21.00 WIB.

“Saya tidak tahu apakah Indonesia pernah berpartisipasi di Olimpiade sebelumnya. Saya mendengar terakhir berlaga di Olimpiade Melbourne 68 tahun lalu. Ini waktunya bagi Indonesia untuk berpartisipasi di panggung Olimpiade (lagi). Saya tak merasa ini sebagai tekanan besar. Saya menikmati momen dan tantangan ini. Ini adalah momen bahagia untuk para pemain. Kali ini, saya akan membuat Indonesia pergi ke Olimpiade,” ujar Shin Tae-yong.

Beruntung Shin Tae-yong bisa menurunkan nyaris seluruh pemain terbaiknya. Hanya striker Rafael Struick yang absen di laga malam nanti karena akumulasi kartu kuning.

Advertisement

Indonesia akan menghadapi Uzbekistan U-23, pada laga semifinal Piala Asia U-23 2024 di Abdullah Bin Khalifa Stadium, Senin (29/4).

Pemenang laga ini otomatis mengunci satu tiket ke Olimpiade Paris 2024.

Uzbekistan merupakan tim tertangguh pada turnamen kali ini. Mereka menyapu bersih empat laga dan menorehkan 12 gol tanpa kebobolan.

Advertisement

Skuad mereka juga mewah. Laman Transfermarkt menulis, pasaran seluruh skuad Uzbekistan senilai Rp301,5 miliar, berbanding Timnas Garuda yang hanya Rp83,4 miliar.

Bahkan nilai pasaran Skuad Garuda Muda lebih kecil dari gelandang serang Uzbekistan yang bermain di CSKA Moskow Rusia, Abbosbek Fayzullaev yakni senilai Rp86,9 miliar.

Shin Tae-yong mengatakan, persiapan Indonesia sangat baik jelang melawan Uzbekistan.

Advertisement

Kepercayaan diri para pemain meningkat setelah lolos dari Grup A, yang notabenenya grup neraka.
Lalu menyingkirkan Korea Selatan di babak perempat final lewat adu tendangan penalti.

“Mengenai pertandingan perempatfinal antara Arab Saudi vs Uzbekistan, saya pergi ke stadion dan saya menonton pertandingan secara langsung. Saya merasa Uzbekistan adalah tim yang sangat bagus. Semua sisinya sangat bagus dan terorganisasi. Mereka juga sangat disiplin,” kata Shin Tae-yong.

Menurut Shin Tae-yong, kekuatan terbesar Uzbekistan adalah transisi cepat dari bertahan ke menyerang dan sebaliknya.

Karena itu ia sudah menginstruksikan kepada anak asuhnya untuk beradaptasi dengan gaya main wakil dari Asia Tengah tersebut.

“Beberapa penilaian saya setelah menonton pertandingan Uzbekistan, saya menyadari mengapa mereka bisa mencetak 12 gol dan bagaimana mereka tidak kebobolan. Salah satu yang krusial, alasan utamanya adalah transisi yang begitu cepat. Uzbekistan bisa transisi menyerang ke bertahan dan bertahan ke menyerang dengan sangat cepat,” ucapnya.

Meski demikian, Shin Tae-yong mengaku sudah punya resep untuk meredam agresivitas Uzbekistan.

Sama seperti Uzbekistan, sebelum dikalahkan Indonesia beberapa hari lalu, Korea Selatan juga merupakan tim agresif dan tidak kebobolan.

“Ini menjadi faktor yang menjadikan Uzbekistan, salah satu tim terkuat di kompetisi ini yaitu mereka memiliki keseimbangan yang sangat baik antara sisi penyerangan dan sisi bertahan serta juga seperti yang Anda tahu, transisinya cepat. Hal itu perlu kita atasi dan jika kita bisa menghadapinya dengan baik, mungkin kita punya kesempatan menang melawan Uzbekistan. Saya tidak bisa mengatakan lebih detail karena itu rahasia,” tambah Shin Tae-yong.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif