Umum
Kamis, 20 Juni 2013 - 07:14 WIB

PIALA KONFEDERASI : Italia Tundukkan Jepang 4-3 dengan Susah Payah

Redaksi Solopos.com  /  Mulyanto Utomo  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

RECIFE — Laga seru tercipta saat Italia bertemu Jepang di laga kedua Grup A Piala Konfederasi. Total tujuh gol tercipta, Azzurri dengan susah payah menaklukkan Jepang 4-3 setelah tertinggal dua gol dulu.

Pada laga yang dihelat Arena Pernambuco, Kamis (20/6/2013) dinihari WIB, Nippon unggul dua gol lebih dulu lewat penalti Keisuke Honda dan Shinji Kagawa. Italia memperkecil skor lewat Daniele De Rossi.

Advertisement

Di babak kedua Italia berbalik unggul 3-2 dari bunuh diri Atsuto Uchida dan penalti Mario Balotelli. Jepang menyamakan skor lewat Shinji Okazaki dan akhirnya Italia menang lewat gol Giovinco.

Dengan kemenangan keduanya, Italia berhak menemani Brasil ke semifinal setelah mengumpulkan nilai enam. Jepang menyusul Meksiko yang sudah lebih dulu masuk kotak alias tersingkir.

Advertisement

Dengan kemenangan keduanya, Italia berhak menemani Brasil ke semifinal setelah mengumpulkan nilai enam. Jepang menyusul Meksiko yang sudah lebih dulu masuk kotak alias tersingkir.

Jepang langsung mengambil inisiatif serangan di awal-awal laga dan di menit keenam crossing Kagawa dari sisi kanan disambut tandukan Ryoichi Maeda, tapi bola masih menyasar tepat di pelukan Gianluigi buffon.

Penalti untuk Jepang di menit 20 usai Buffon menjatuhkan Shinji Okazaki di kotak 16 meter. Honda yang maju sebagai eksekutor dengan dingin menuntaskan penalti tersebut.

Advertisement

Italia yang tak berkembang permainannya di 40 menit pertama akhirnya mendapat gol di menit 41. Korner Andrea Pirlo disambut tandukan De Rossi yang tak bisa dihalau Enji Kawashima.

Di masa injury time Itali berkesempatan menyamakan kedudukan tapi tembakan Emmanuele Giaccherini masih menerpa tiang gawang. Skor 2-1 tetap bertahan untuk Jepang hingga 45 menit pertama selesai.

Di babak kedua angin berubah untuk Italia dan mereka gantian mendominasi jalannya laga. Lima menit setelah restart itu runner-up Piala Eropa lalu menyamakan kedudukan menjadi 2-2.

Advertisement

Diawali penetrasi Sebastian Giovinco yang melewati Maya Yoshida dan diakhiri dengan crossing kotak penalti. Uchida yang hendak membuang bola malah membobol jalanya sendiri.

Italia berbalik unggul 3-2 di menit 53 setelah handball Makoto Hasebe berbuah penalti yang dengan sempurna dikonversi jadi gol oleh Balotelli.

Tak lama setelahnya Giovinco mengancam gawang Kawashima namun bola hasil tembakan kerasnya masih bisa ditepis kiper Jepang itu.

Advertisement

Skor menjadi 3-3 di menit 69 saat Okazaki yang berada di tiang dekat dengan sempurna menanduk bola hasil umpan free kick Yasuhito Endo.

Dua menit setelahnya Honda melewati dua pemain Italia dan melepaskan drive tapi Buffon mampu meninju bola tersebut.

Jepang kemudian melewatkan dua kesempatan emas di menit 81. Pertama dari tembakan Okazaki yang membentur tiang gawang dan bola rebound yang digapai Kagawa juga membentur mistar.

Keasyikan menyerang membuat pertahanan Jepang sedikit terbuka dan itu dimanfaatkan Italia untuk memimpin lagi 4-3 di menit 86. Umpan terobosan De Rossi mencapai Claudio Marchisio dan ia dengan mudah menyodorkan bola ke Giovinco yang dengan mudah menceploskan bola ke jala.

Jepang sebenarnya bisa mencetak gol di menit 89 lewat Yoshida tapi dianulir wasit karena sudah terjadi pelanggaran terlebih dulu. Skor 4-3 kemudian bertahan hingga laga usai. (JIBI/dtc)

Advertisement
Kata Kunci :
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif