News
Rabu, 19 Juni 2013 - 18:10 WIB

PPDB ONLINE SOLO : Disdikpora Sediakan 12.473 Kursi

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi PPDB Online (JIBI/SOLOPOS/Dok)

Ilustrasi PPDB Online (JIBI/SOLOPOS/Dok)

SOLO — Sebanyak 12.473 kursi disediakan dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Online 2013 Solo. Jumlah tersebut disediakan oleh 49 SMP dan 24 SMA tercatat mengikuti PPDB Online.

Advertisement

Berdasarkan data yang dihimpun Solopos.com dari Panitia PPDB 2013 Solo, Rabu (19/6/2013), tercatat 17 SMP negeri dan 32 SMP swasta yang mengikuti PPDB Online.

Di jenjang SMA, sebanyak delapan SMA negeri dan 16 SMA swasta yang mengikuti seleksi masuk serupa. Menurut Sekretaris Panitia PPDB 2013 Solo, Budi Setiono, kuota yang disediakan di jenjang SMP sebanyak 8.079 siswa, sedangkan jenjang SMA membuka kuota sebanyak 4.394 siswa.

Budi melanjutkan dalam PPDB Online kedua jenjang yang dilaksanakan Senin-Rabu (24-26/6) mendatang, pendaftar hanya diperbolehkan memilih empat pilihan sekolah tujuan. Keempatnya terdiri dari dua sekolah negeri dan dua sekolah swasta.

Advertisement

Dirinya menegaskan, mekanisme pemilihan sekolah harus diperhatikan oleh pendaftar maupun orangtua. Jika pemilihan sekolah tidak sesuai dengan mekanisme, pendaftar bisa gugur dalam PPDB Online.

“Jika ada yang memilih tiga sekolah negeri dan satu sekolah swasta atau sebaliknya, pendaftar bisa gugur. Pendaftar diminta mematuhi mekanisme yang ada agar peluang mereka terpenuhi,” ujarnya saat ditemui wartawan di ruang kerjanya.

Lebih jauh Budi memaparkan, sebelum mendaftar, sebaiknya pendaftar menyesuaikan nilai dengan daya tampung sekolah yang dituju. Sebab, peluang diterimanya pendaftar di sekolah tujuan benar-benar dilihat berdasarkan nilai mereka. Jika siswa tidak diterima di sekolah pertama, dirinya masih berpeluang diterima di sekolah pilihan kedua dan seterusnya.

Advertisement

“Pendaftar disarankan sering mengakses informasi melalui situs resmi www.ppdbsolo.net untuk mengetahui peluang masing-masing di sekolah tujuan. Informasi mengenai kuota, rentang nilai dan sekolah pelaksana PPDB Online bisa diakses secara bertahap mulai Kamis [20/6],” katanya.

Budi menambahkan, PPDB Online Solo pun membuka  kuota sebanyak 20% bagi siswa dari luar daerah. Kuota itu diberlakukan di seluruh  sekolah penyelenggara PPDB Online.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif