Sport
Senin, 29 April 2024 - 13:21 WIB

Absen Kontra Uzbekistan, Rafael Struick Optimistis Timnas Menang Lagi Malam Ini

Redaksi Solopos.com  /  Abu Nadzib  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Striker Timnas Rafael Struick merayakan golnya ke gawang Korea Selatan, pada babak perempatfinal Piala Asia U-23 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Jumat (26/4/2024) dini hari. (Istimewa)

Solopos.com, DOHA — Penyerang Timnas U-23 Indonesia, Rafael Struick, tak bisa bermain melawan Uzbekistan pada laga semifinal Piala Asia U-23, Senin (29/4/2024) malam ini pukul 21.00 WIB.

Struik mengakui Uzbekistan yang berstatus tim termewah dan tersubur turnamen sebagai tim yang bagus.

Advertisement

Namun ia mengatakan Timnas U-23 Indonesia lebih bagus dari Uzbekistan.

“Kami menonton pertandingan mereka melawan Arab Saudi. Saya pikir mereka adalah tim yang bagus. Mereka juga menang (di babak grup) dengan sembilan poin dan nol gol. Jadi, ya, ini adalah tim yang kuat. Tapi kami juga tim kuat, lebih kuat. Jadi ini akan menjadi pertandingan yang bagus,” ucap Rafael Struick yang bermain untuk klub Belanda, ADO den Haag tersebut, seperti dikutip Solopos.com dari laman PSSI, Senin.

Meski mengakui kekuatan Uzbekistan U-23, Struick yakin Garuda Muda bisa memberikan perlawanan.

Advertisement

Menurutnya, Garuda Muda pantas diperhitungkan setelah mengalahkan Australia dan Yordania di fase grup, kemudian menyingkirkan Korsel di perempat final.

Keyakinan Struick didasarkan pada fakta Indonesia menyingkirkan salah satu tim raksasa, Korea Selatan (Korsel) U-23, melalui adu penalti dengan skor 11-10 (2-2), beberapa hari lalu.

Selain Struick, Shin Tae-yong juga yakin bisa mengalahkan Uzbekistan U-23 malam ini.

Selama karier menjadi pelatih, Shin Tae-yong belum pernah kalah dari Uzbekistan.

Advertisement

Karenanya, Shin Tae-yong yakin bisa mengalahkan Uzbekistan di semifinal Piala Asia U-23, Senin (29/4/2024) pukul 21.00 WIB.

Dari tiga pertemuan kontra Timnas Uzbekistan di segala kelompok umur, STY meraih satu kemenangan dan dua hasil imbang.

Kemenangan Shin Tae-yong didapatkan ketika memimpin Timnas Korea Selatan U-23 bersua Uzbekistan U-23 pada laga uji coba pada 13 Januari 2016 dengan skor 2-1.

Dua kali hasil imbang didapatkan Shin Tae-yong terjadi pada kualifikasi Piala Dunia 2018 dengan skor 0-0, serta saat membesut Timnas U-20 Indonesia di Piala Asia U-20 pada 7 Maret 2023 lalu.

Advertisement

Ketika itu Garuda Muda menahan imbang Uzbekistan dengan skor 0-0. Pada turnamen itu Uzbekistan akhirnya tampil sebagai jawara.

Belum pernah kalah membuat Shin Tae-yong yakin kembali mempecundangi Uzbekistan malam ini.

Ia yakin Rizky Ridho dkk. mampu meredam Uzbekistan yang menjadi tim tersubur di Piala Asia U-23 dengan 12 gol dan belum pernah kebobolan.

Shin Tae-yong berambisi membawa Indonesia sebagai tim yang pertama membobol gawang Uzbekistan, sama seperti yang dilakukan terhadap Timnas Korsel U-23, beberapa hari lalu.

Advertisement

“Saya pikir Uzbekistan dan Indonesia memiliki kesamaan. Uzbekistan juga mencoba membangun sepak bolanya dari level kelompok usia muda seperti di bawah 20 atau 23 tahun. Jadi ini juga faktor yang menjadikan tim Uzbekistan sebagai tim yang sangat-sangat bagus,” kata Shin Tae-yong, seperti dikutip Solopos.com dari laman PSSI.

Shin Tae-yong lalu mengulas pertemuannya dengan Uzbekistan pada tahun 2023 lalu.

Menurut Shin Tae-yong, saat menahan imbang Uzbekistan saat ini tim asuhannya tidak komplet.

Ada enam pemain terbaik yang tidak bisa dibawa ke Piala Asia U-20 karena berbagai sebab.

“Terakhir kali saya bermain melawan Uzbekistan di Piala Asia U-20 (2023). Waktu itu kami tidak membawa enam pemain terbaik kami, tapi tetap saja Uzbekistan mampu mendominasi permainan dan permainan kami tidak terlalu bagus dibandingkan dengan Uzbekistan,” katanya.

Keyakinan bisa mengalahkan Uzbekistan malam nanti didasarkan pada fakta dirinya mempunyai tim kuat saat ini.

Advertisement

Hanya striker Rafael Struick yang tidak bisa tampil karena akumulasi kartu kuning.

“Namun dalam karier sebagai pelatih, saya tidak punya pengalaman kalah melawan Uzbekistan. Meskipun Uzbekistan adalah tim yang sangat bagus, tapi kali ini saya memiliki pemain-pemain terbaik dan saya punya kenangan yang sangat bagus. Saya punya perasaan yang baik (untuk laga besok), jadi semoga kami beruntung. Saya akan melakukan persiapan dengan baik,” tambah pelatih asal Korea Selatan tersebut.

Shin Tae-yong mengatakan, persiapan Garuda Musa sangat baik jelang melawan Uzbekistan.

Kepercayaan diri para pemain meningkat setelah lolos dari Grup A, yang notabenenya grup neraka.

Lalu menyingkirkan Korea Selatan di babak perempat final lewat adu tendangan penalti.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif