Umum
Senin, 17 Juni 2013 - 16:46 WIB

Ngonthel, Solusi Hemat BBM Ala Siswa SMK Bina Patria Sukoharjo

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Siswa SMK Bina Patria Sukoharjo bersepeda ke sekolah sebagai bentuk dukungan hemat BBM, Senin (17/6/2013). (JIBI/SOLOPOS/Farid Syafrodhi)

Siswa SMK Bina Patria Sukoharjo bersepeda ke sekolah sebagai bentuk dukungan hemat BBM, Senin (17/6/2013). (JIBI/SOLOPOS/Farid Syafrodhi)

SUKOHARJO –– Ditengah aksi demo menentang kenaikan harga BBM, puluhan siswa SMK Bina Patria (BP) Sukoharjo ini patut diacungi jempol. Mereka justru mengkampanyekan hemat BBM dengan ngonthel atau bersepeda ke sekolah, Senin (17/6/2013). Para siswa dan guru mengendarai sepeda yang telah dihias dengan berbagai atribut kampanye hemat BBM lalu berkeliling ke lingkungan sekitar sekolah.

Advertisement

Para siswa dan guru memasang sejumlah poster pada stang sepeda. Beberapa poster tersebut antara lain bertuliskan ‘Indonesia negara ontel’, ‘Jutaan liter BBM bisa dihemat kalau kita mau ngontel’, ‘BBM naik tinggi harga susu tak terbeli’, ‘Kalau yang kaya sederhana maka negara sejahtera’.

Selain itu, para siswa juga membentangkan poster di sepeda, untuk mengajak Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), menteri, gubernur dan bupati untuk mengirit BBM dengan cara ngontel. Mereka juga meminta kepada pemerintah untuk mencanangkan gerakan Indonesia bersepeda.

Para siswa dan guru terlebih dahulu berkeliling di halaman sekolah. Kemudian mereka keluar sekolah dan berkeliling ke lingkungan sekolah sambil mengayuh sepeda angin masing-masing.

Advertisement

Kepala SMK BP Sukoharjo, Kukuh Haryanto, mengatakan gerakan bersepeda tersebut dilakukan sebagai salah satu cara untuk menyikapi kenaikan harga BBM. Menurutnya, selain menyehatkan badan, bersepeda juga bisa menghemat pengeluaran, untuk membeli BBM.

“Sehari saja bersepeda, maka setidaknya bisa berhemat satu liter bensin. Kalau gerakan ini dilakukan secara serempak, maka ada jutaan liter BBM yang bisa dihemat,” ujar Kukuh saat ditemui wartawan di sela-sela kegiatan bersepeda bersama, Senin.

Pihaknya berharap kampanye tersebut bisa menyasar ke masyarakat dan gerakan hemat BBM bisa terlaksana. Guna menggalakkan gerakan tersebut, ke depan pihaknya akan mengimbau kepada para siswa, guru maupun karyawan untuk bersepeda.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif