Soloraya
Minggu, 16 Juni 2013 - 10:56 WIB

PEMILU LEGISLATIF 2014 : PKB Targetkan 20% Suara

Redaksi Solopos.com  /  Tutut Indrawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - logo PKB

KLATEN–Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menargetkan perolehan 20% suara secara nasional untuk menduduki kursi DPR RI dalam Pemilihan Umum (Pemilu) Legislatif pada 2014. Sementara, Jawa Tengah diharapkan bisa menyumbang 15% suara di tingkat nasional.

Sekjen DPP PKB, Imam Nahrowi, saat ditemui wartawan di Grand Tjokro Hotel, Klaten, Sabtu (15/6/2013), mengatakan 20% suara atau sekitar 100 kursi itu ditargetkan melihat situasi politik yang saat ini terjadi. Pasalnya, pada Pemilu legislatif 2004 maupun 2009 diikuti sekitar 20 partai politik (Parpol). Pada dua kali Pemilu itu, PKB selalu mendapatkan kursi kurang dari 100. Apalagi, saat itu kondisi bangsa baru bangkit dari reformasi.

Advertisement

Sementara, pada Pemilu Legislatif 2014 diikuti 12 parpol. Oleh sebab itu, pihaknya berani menargetkan perolehan suara secara nasional mencapai 100 kursi. “Hari ini kami telah matang cita-cita itu harus dimaksimalkan,” jelasnya saat menghadiri acara Pembekalan Caleg DPRD Kab/kota, DPRD Provinsi dan DPR RI Dapil V Jawa Tengah yang meliputi Klaten, Sukoharjo, Boyolali dan Solo.

Setidaknya, masing-masing daerah bisa mengirimkan minimal dua wakil ke pusat. Sementara, melihat potensi Jateng, pihaknya menargetkan perolehan suara minimal 15 persen. “Minimal 15 persen suara di jateng bisa mewakili di DPR RI, termasuk di Dapil V. Sebab, pada Pemilihan Legislatif lalu Dapil V bisa mengirimkan satu kursi. Diharapkan ke depan bisa dua kursi,” ungkapnya.

Untuk bisa meraih target itu, pihaknya menekankan kepada calon legislatif (caleg) untuk melakukan silaturahmi kepada masyarakat secara langsung. Hal itu dilakukan supaya masyarakat bisa mengenal caleg yang dimiliki oleh PKB.

Advertisement

Ketika ditanya terkait pembekalan caleg, dia mengungkapkan saat ini merupakan saat yang tepat memberikan mandat politik. Menurutnya, tujuan politik harus mulia dan luhur karena membawa kepentingan masyarakat. “PKB harus mampu memperbaiki image politik. Mungkin, sebagain orang menganggap politik sebagai hal yang tidak baik, padahal tidak,” paparnya.

Sementara itu, Ketua DPC PKB Klaten, Budianto Hadinagoro, menargetkan perolehan 10 kursi pada Pemilu Legislatif tahun depan. “Kemarin dapat dua kursi, tahun depan kami menargetkan sepuluh kursi. Namun, dapat lima kursi itu sudah cukup bagus,” katanya kepada wartawan di sela-sela kegiatan.

Pembekalan Caleg pada hari itu dihadiri sekitar 174 orang dari Dapil V. Pembekalan itu dihadiri oleh Sekjen DPP PKB, Imam Nahrowi, Ketua LPP PKB, Saifullah Maksum dan Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jateng KH Syamsudin Asyrofi.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif