News
Minggu, 16 Juni 2013 - 15:16 WIB

Kapal Rp234 Miliar Bisa Dikendalikan dengan Ipad

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Kapal mewah lagi canggih senilai Rp234 miliar ini bisa dikendalikan dengan Ipad. (Dailymail.co.uk)

Kapal mewah lagi canggih senilai Rp234 miliar ini bisa dikendalikan dengan Ipad. (Dailymail.co.uk)

LONDON — Miliarder Hong Kong, Anto Marden, 64, membikin superyacht atau kapal mewah seharga Rp234 miliar. Pengusaha sektor transportasi itu sebelumnya juga diberitakan memiliki dua pulau di lepas pantai Indonesia.

Advertisement

Superyacht yang diberi nama Adastra ini dirancang oleh peranncang kapal yang berbasis di Sussex, John Shuttleworth. Namanya saja kapal supermewah, tentu saja fasilitas semuanya serba premium, termasuk area makan dengan panorama romantis, dapur fungsional dan kamar mandi.

Tak cuma itu. Kapal milik Anto dan istrinya, Elaine Marden, ini sebagaimana dilaporkan laman Daily Mail juga bisa dikendalikan dengan Ipad dari jarak 50 meter.

Kapal itu memang digambarkan oleh majalah Boat International sebagai salah satu superyacht paling mengesankan di dunia, Adastra yang memiliki panjang 42,5 meter, lebar 16 meter dan berat 52 ton itu ibarat istana mengapung yang siap menyuguhkan hiburan dengan standar tertinggi bagi pemiliknya.

Advertisement

Anto Marden dikenal sebagai pakar tentang yacht dan menghabiskan hampir seluruh hidupnya di lautan untuk menjalankan bisnis perkapalannya. Tampilan bodi Adastra sungguh sangat modern dan dirancang untuk mampu membelah gelombang di lautan lepas.

Adastra kali pertama diluncurkan di China. Butuh waktu dua tahun untuk merencanakan dan merancang tampilannya, lalu tiga tahun lagi untuk membangunnya.

Kapal itu juga diklaim hemat bahan bakar karena mampu berlayar sejauh 4.000 mil tanpa perlu mengisi bahan bakar. Jarak 4.000 mil sama dengan London-New York.

Advertisement

Lambung Adastra terbuat dari kaca dan bisa menjamu sembilan tamu serta enam kru kapal. Salon dek kapal ini memiliki pemandangan panorama dengan kokpit terbuka di kedua sisinya. Majalah Boat International menuliskan Adastra bisa menjadi panduan masa depan mengenai penjelajahan laut yang hemat energi. Adastra digerakkan oleh satu mesin Caterpillar C18 dengan kekuatan 1150 tenaga kuda pada 2300 rpm and punya mesin 2 Yanmar 110hp @ 3200 rpm.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif