News
Jumat, 14 Juni 2013 - 11:11 WIB

PILPRES IRAN : Ini Dia Kandidat Presiden Iran

Redaksi Solopos.com  /  Maya Herawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Foto Ilustrasi JIBI/Harian Jogja/Reuters

Foto Ilustrasi
JIBI/Harian Jogja/Reuters

TEHERAN-Hari ini rakyat Iran akan menentukan presiden mereka yang baru menggantikan Mahmoud Ahmadinejad. Sebanyak 50,5 juta orang akan menggunakan hak pilih mereka.

Advertisement

Ada enam kandidat yang akan bersaing dalam pemilu kali ini. Mereka adalah Ali Akbar Velayati, Hassan Rowhani, Mohsen Rezaei, Mohammad Baqer Qalibaf, Saeed Jalili dan Mohammad Gharazi.

Nama Hassan Rowhani yang merupakan satu-satunya kandidat dari kelompok moderat yang juga didukung penuh oleh kelompok reformis, mencuat dan diprediksi mampu menyaingi kandidat konservatif.

Tiga kandidat konservatif tersebut ialah mantan Menteri Luar Negeri Ali Akbar Velayati, Walikota Teheran Mohammad Baqer Qalibaf dan kepala negosiator nuklir Iran Saeed Jalili.

Advertisement

Selain memilih langsung presiden baru, rakyat Iran juga akan memilih Dewan Kota. Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei telah menyerukan agar rakyat menggunakan hak pilihnya.

Jika dalam pilpres ini tidak ada kandidat yang mencapai 50,1 persen suara mayoritas, maka akan digelar babak kedua. Kemungkinan babak kedua akan digelar pada seminggu kemudian.

Hasil pemungutan suara hari ini baru bisa diketahui pada Sabtu (15/6) besok. Pelaksanaan pemilu kali ini diwarnai harapan besar dari kelompok reformis dan moderat yang berharap bisa mengalahkan kandidat dari kelompok konservatif yang selama ini menguasai pemerintahan.

Advertisement

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif