JELANG PIALA KONFEDERASI
Italia Gunakan 4-3-2-1 Hadapi Meksiko

Para pemain Italia saat menjalani latihan jelang Piala Konfederasi 2013 di Rio de Janeiro, Rabu (11/6/2013) waktu setempat. JIBI/SOLOPOS/ReutersPara pemain Italia saat menjalani latihan jelang Piala Konfederasi 2013 di Rio de Janeiro, Rabu (11/6/2013) waktu setempat. JIBI/SOLOPOS/Reuters

< ![endif]-->

Para pemain Italia saat menjalani latihan jelang Piala Konfederasi 2013 di Rio de Janeiro, Rabu (11/6/2013) waktu setempat. JIBI/SOLOPOS/Reuters

RIO DE JANEIRO – Italia kemungkinan akan menggunakan formasi baru saat melakoni laga pembukanya di Piala Konfederasi 2013 menghadapi Meksiko di Estadio Jornalista Mário Filho, Rio de Janeiro, Brazil, Senin (17/6/2013) dini hari WIB.

Dilansir Football Italia, pelatih Italia, Cesare Prandelli, kemungkinan akan menerapkan formasi baru 4-3-2-1 saat menghadapi Meksiko. Formasi ini kerap diterapkan Prandelli saat memimpin latihan La Nazionale, julukan Italia.

Prandelli acap melakukan peralihan formasi antara  4-3-1-2 dan 4-3-3 dalam beberapa bulan terakhir. Tapi dia kemungkinan akan mulai menggunakan formasi yang lain pada Piala Konfederasi nanti.

Seandainya formasi ini 4-3-2-1 jadi diterapkan, kemungkinan Prandelli akan menempatkan Mario Balotelli sebagai striker tunggal di depan. Sementara rekan setim Balotelli di AC Milan, Stephan El Shaarawy untuk sementara akan memanaskan bangku cadangan.

Dalam latihan yang dilakukan di Rio de Janeiro pada Rabu (12/6/2013) waktu setempat, Prandelli menempatkan Gianluigi Buffon di bawah mistar gawang. Sementara posisi pemain belakang diisi Ignazio Abate, Andrea Barzagli, Giorgio Chiellini dan Mattia De Sciglio.

Pada posisi gelandang, Prandelli banyak memainkan trio Daniele De Rossi, Andrea Pirlo dan Riccardo Montolivo. Sementara, di lini tengah kedua, Italia lebih sering memainkan Claudio Marchisio dan Emanuele Giaccherini untuk menopang Balotelli di depan.

Kendati demikian, sistem ini masih menimbulkan keraguan. Letak keraguan terdapat pada posisi yang ditempati Chiellini dan Giaccherini.

Prandelli masih ragu apakah akan menggunakan stopper di tengah, yang biasanya dilakukan oleh sosok Leonardo Bonucci, sebagai bek tengah atau akan diisi oleh seorang bek kiri, yang biasanya diisi oleh Chiellini.

Sementara itu sosok Giaccherini dinilai masih belum mampu dimainkan sebagai starter. Ia masih harus bersaing dengan gelandang Fiorentina, Alberto Aquilani, mengisi posisi starting XI.

Saat ini Prandelli juga tengah dihantui kondisi fisik pemainnya, yang masih butuh penyesuain untuk menghadapi iklim panas di Brazil. Kekhawatiran ini menyusul hasil menyedihkan yang diterima Italia saat ditahan Haiti, Selasa (11/6/2013) waktu setempat.

Selain akan menghadapi Meksiko pada babak penyisihan grup, Italia juga akan bertemu tuan rumah Brazil dan juara Asia, Jepang.

Editor: | dalam: Internasional |
Iklan Cespleng
Menarik Juga »