Umum
Kamis, 13 Juni 2013 - 17:18 WIB

INDONESIA OPEN 2013 : Lalui Pertarungan 3 Game, Tontowi/Liliyana Atasi Fran/Shendy

Redaksi Solopos.com  /  Imam Yuda Saputra  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Advertisement

Ganda campuran nomor satu Indonesia, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir, melenggang ke perempat final seusai mengatasi juniornya, Fran Kurniawan/Shendy Puspa, lewat pertarungan tiga game, 12-21, 21-12, 21-11 di Istora Senayan Jakarta, Kamis (13/6/2013). dokJIBI/SOLOPOS/Antara

JAKARTA – Ganda campuran nomor satu Indonesia, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir, harus melalui pertarungan selama tiga game untuk memastikan langkahnya ke perempat final Djarum Indonesia Open 2013. Pasangan peraih gelar All England dua kali beruntun itu, 2012 dan 2013, melenggang ke delapan besar setelah menundukkan juniornya, Fran Kurniawan/Shendy Puspa, secara rubber game, 12-21, 21-12, 21-11.

Dalam pertarungan yang berlangsung di Istora Senayan Jakarta, Kamis (13/6/2013) sore WIB itu, Tontowi/Liliyana sempat dibuat keropan oleh Fran/Shendy di game pembuka.

Advertisement

Namun, keadaan ini tak bertahan lama. Selepas turun minum, tepatnya di game kedua, ranking tiga dunia itu mulai bangkit. Alhasil Tontowi/Liliyana mampu membalas kekalahannya di game pertama dengan skor yang sama 21-12.

Pada game ketiga atau penentuan, Tontowi/Liliyana kembali menunjukkan dominasinya. Tanpa terlihat kewalahan, Tontowi/Liliyana pun akhirnya mampu mengunci kemenangan dengan skor meyakinkan 21-11, untuk memuluskan langkahnya ke perempat final.

Dari statistik yang dikeluarkan bwf.tournamentsoftware.com, Tontowi/Liliyana hanya membutuhkan waktu 37 menit untuk mengatasi perlawanan Fran/Shendy. Baik dari catatan smash masuk maupun permainan netting, Tontowi/Liliyana lebih unggul dibanding Fran/Shendy.

Advertisement

Pada babak selanjutnya, Tontowi/Liliyana akan berjumpa unggulan kelima asal Malaysia, Chan Peng Soon/Goh Liu Ying, untuk memperebutkan tiket ke semifinal. Sebelumnya pasangan Malaysia ini lolos ke perempat final setelah mengalahkan pasangan Korea Selatan, Yoo Yeon Seong/Eom Hye Won, 21-18, 21-19.

Pertemuan Tontowi/Liliyana dengan pasangan Malaysia nantinya merupakan yang keenam kalinya. Dalam lima pertemuan sebelumnya, Tontowi/Liliyana mencatatkan rekor lebih bagus dengan meraih empat kali kemenangan dan sekali kalah. Namun, kekalahan itu terjadi pada pertemuan terakhir mereka saat tampil pada Li Ning China Open 2012. Saat itu, Tontowi/Liliyana kalah dua game langsung, 19-21, 14-21.

Sementara itu nasib baik juga dialami pasangan ganda campuran Muhammad Rijal/Debby Susanto. Ranking delapan dunia ini juga sukses melangkah ke perempat final setelah mengatasi perlawanan wakil Inggris, Chris Langridge / Heather Olver, secara straight game, 21-14, 21-13.

Pada babak selanjutnya, Rijal/Debby akan menghadapi pemenang antara pasangan Inggris, Chris Adcock/Gabrielle White dan unggulan keempat, Joachim Fischer Nielsen/Christinna Pedersen asal Denmark.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif