Wow, Harga Jemani Melejit, Petani asal Karangpandan Untung Hingga Rp150 Juta

Jenmanii (JIBI/SOLOPOS/Tri Indriawati)Jenmanii (JIBI/SOLOPOS/Tri Indriawati)

Koleksi Jemani milik Gembuk, warga Karangpandan Karanganyar (JIBI/SOLOPOS/Tri Indriawati)

KARANGANYAR – Wajah Suroso tampak berseri-seri. Senyum merekah selalu tersungging dari bibirnya kala menyambut kehadiran rekan-rekannya dari Komunitas Anthurium Soloraya yang sengaja diundang untuk bersantap siang bersama.

Petani jemani asal Karangpandan yang akrab disapa Gembuk itu memang tengah berbahagia. Betapa tidak, dia baru saja memanen tanaman jemani yang telah dirawatnya selama beberapa tahun. Dalam satu bulan terakhir, dia bahkan telah meraup omzet di atas Rp150 juta dari penjualan jemani miliknya.

“Saya enggak menyangka jemani akan bagus lagi harganya, makanya sekarang saya ingin syukuran. Saya kumpulkan lagi teman-teman tanaman [petani dan penjual jemani] supaya antusiasme masyarakat pada jemani kembali hidup,” ujarnya semringah saat ditemui Solopos.com di gudang jemani miliknya, Selasa (11/6/2013) siang.

Saat harga jemani anjlok, Gembuk masih setia menanam dan menjual jemani ke berbagai daerah. Kini kerja kerasnya itu telah membuahkan hasil. Harga jemani yang kembali meroket membuka secercah harapan baru bagi pria yang juga pernah berjualan kue itu.

“Beberapa waktu lalu saya masih keliling jualan bibit jemani naik motor bronjongan, sekarang Alhamdulilah saya sudah bisa beli mobil pikap,” imbuhnya.

Siang itu, Gembuk juga baru saja melepas dua buah tanaman jemani jenis kobra setinggi 20 cm miliknya. Seorang kolektor sekaligus penjual jemani asal Desa Karang, Karangpandan, Sutarso, bersedia menukar jemani miliknya dengan sebuah sepeda motor baru serta uang tunai Rp5 juta.

“Tadi saya ke sini mau membayar jemani pesanan saya, enggak tahunya ternyata teman-teman sudah dikumpulkan di sini. Agak terkejut juga, sudah lama enggak bertemu,” timpal Sutarso.

Kedua tanaman jemani itu akan dia pelihara sendiri hingga menumbuhkan daun baru. Jika ada yang berani menawar dengan harga Rp30 juta, Sutarso bakal kembali menjual tanaman itu.

Sutarso memprediksi booming jemani kali ini bakal bertahan lama karena harganya cenderung lebih stabil dibanding lima tahun lalu. “Saya sedikit pun tidak khawatir. Dulu banyak orang terjatuh karena berpikirnya hanya untuk bisnis, kalau kami kan memang petani dan tetap setia di bidang ini. Apalagi sekarang jemani sudah merambah pasar internasional,” kata dia.

Menurut Sutarso, kenaikan harga jemani membawa berkah berlimpah bagi para petani di Karanganyar yang notabene merupakan penghasil utama tanaman anthurium itu. Berjalannya bisnis jemani membuat perputaran roda ekonomi petani setempat menjadi kian lancar. Oleh sebab itu, para petani berharap meningkatnya popularitas jemani dapat bertahan lama.

Editor: | dalam: Karanganyar |

26 Komentar pada “Wow, Harga Jemani Melejit, Petani asal Karangpandan Untung Hingga Rp150 Juta”

  1. Agus
    12 Juni 2013 pukul 09:05

    Ra pingin, Eropa aja lagi krisis….

    • indri
      30 Juli 2013 pukul 09:59

      ora pengen yowes gt aja kok repotttttt bro

  2. Sodhiq
    12 Juni 2013 pukul 13:06

    Bikin transaksi palsu dan undang wartawan agar beritanya jadi heboh. Huuh cara-cara kuno yang bisa ditebak.

    • asmichan
      26 Juli 2013 pukul 00:31

      betul sekali, dan ini siasat akal akalan.

  3. Sodhiq
    12 Juni 2013 pukul 16:32

    test lagi

  4. fauzan (jndot)
    12 Juni 2013 pukul 19:03

    duit hasil keringet vs duit hasil abab????????
    barokah mana?

    • cah josss
      24 Juni 2013 pukul 01:47

      mending bakulan tahu wae lah…. luweh barokah….“amin “

  5. bowo
    13 Juni 2013 pukul 09:10

    mencoba nggoreng lagi….

  6. Karmin
    13 Juni 2013 pukul 15:40

    Ini Wartawannya dapat jatah berapa ya? Bikin berita seolah-olah transaksinya ini benar-benar terjadi. Pancen ora mutu beritane

  7. palijo
    13 Juni 2013 pukul 19:38

    jenmani dah gedhe diobral…..minat bisa call. 081228663581…lokasi grobogan..

    • cipik
      21 Juni 2013 pukul 00:15

      ini no hpku 081249475713.harga berapaan bos
      cobra,sirih punya bos

  8. Andrew
    14 Juni 2013 pukul 00:23

    Hati-hati, jgn terlalu berspekulasi memborong tanaman, ini masih gorengan bandar. Atau jika ada yg nawar jemani anda juta-jutaan lepas sekarang juga jgn nunggu harga selangit–pengin mburu duit gede malah ngaplo

  9. Alex
    14 Juni 2013 pukul 08:50

    A : Ditempatku Jemani stoknya melimpah.
    B : OK , kita bikin transaksi palsu pura-pura aku beli Jemani dari kamu harga 100 juta. Tapi kamu harus undang wartawan agar transaksi ini dilihat banyak orang.
    A : OK, pasti banyak orang hunting Jemani dan mau beli dengan harga tinggi.

  10. andek
    15 Juni 2013 pukul 22:25

    hehehheeh mending macul ae pakde ngenah duite heheh

  11. wong bodho
    16 Juni 2013 pukul 10:33

    berita yang diblow up wartawan meski menyesatkan yang penting dapat berita.
    menurutku orang indonesia itu mudah dimobilisasi massal orang2 yang mencari keuntungan semata.
    tiap menjelang pemilu ada money loundry lihat aja booming anthurium kemarin terus kadal berharga milyardran dan sekarang jenmanii.
    coba partai politik nggak usah banyak2 seperti negara2 eropa gitu pasti bangsa ini nggak ruwet

  12. andriyanto
    16 Juni 2013 pukul 23:36

    aku punya banyak dah pada nongkol coba siapa yg minat….

  13. joko
    21 Juni 2013 pukul 11:36

    kemarin aku bisnis gagal , bunga ada di kakakku anthurium jemani cobra sekarang udah gede?

  14. 6 Juli 2013 pukul 13:27

    Di Malang harga anakan jenmani cobra cuma 12ribuan

    • asmichan
      26 Juli 2013 pukul 00:21

      ayo semarakan lagi jemani atau golci, hokery. anthurium bersemangat lagi

  15. soe darno
    12 Juli 2013 pukul 22:00

    tahun 2005 saya penjual bunga kromosan lho kebetulan booming anturium dan hheheh UNTUNG,trus gak jualan,2bln lalu aq ada info dari teman jemanni maik lgi,aq cari info trus kumpulin jemani dari bekas penggemar dulu,terakhir tgl 10 juli 2013 milikku yo laku jutaan jg’total aq jual 8 pot indukan,200 pot bibit dan untung juga, banyak masukan ttg istilah nada miring misal permainan,cuci uang,mbujuk,wartawan ,pemilu,ngapusi dll tapi kenyataannya aq jual yo laku,jujur yg beli jga pemain lama,pemain baru gak ada,jadi kesimpulan saya bagi rekan”jangan nafsu,jgn beli indukan diata2jt,bibitan cukup buat jaga jaga booming,bagi yg punya dan mau jual dgn harga wwajar bisa hub saya ,alamt say diprigen pandaan gudangnya jemani,telpon 085234164105 bb 2A3B6C8C,,,,,TERGANTUNG NIAT KITA,,,,SEKALI LAGI BIJAKSANA AJ…jika gak mampu jual yo jgan beli,jika belinya murah yo ambil untung sewajarnya,skarang aq punya indukan siap panen jika ada yg mau jual aq jg mo beli lagi,bibit yo ada ratusan tpi jika ada yg jual murah aq juga mo beli> dagang olehe piro di jual piro gtu aj.JADI ORANG JANGAN PESIMIS JIKA INGIN MAJU.GAK USAH MULUK MULUK UANG PEMILU UANG SETAN DLL…..MAKASIH

    • indri
      30 Juli 2013 pukul 09:54

      bagus itu aq berharap jemani bs booming lg adakan perlombaan2 raketang peserta hrs byr n hadiahnya diambilkan uang pendaftaran gt tp anturium segala jenis jemani jgn cmn jemani itu2 aja dan diadakan di berbagai kota gt

    • indra
      31 Juli 2013 pukul 20:28

      ini bang gue ada jual borongan bunga anthurium dengan berbagai jenis .. bila berminat hubungi saya di ..

      Indra Hermawan
      No Hp : 0341-6507199
      email/FB : Indranicro@yahoo.com

      aLamat Rumah : Jln Galunngung III/25 Malang-JawaTimur

      JEANMANIE kecil sebanyak 50 pot
      Jeanmanie Remaja sebanyak 70 pot
      Jeanmanie Tanggung sebanyak 15 pot
      Jeanmanie Dewasa sebanyak 25 pot

      Jeanmanie Mawar,sweet Merapi, Keris .. 1 pot
      Hookery Besar sebanyak 15 pot
      Hookery Curly sebanyak 2 Pot

      Gelombang Cinta Sedang sebanyak 19 pot
      Gelombang cinta Besar sebanyak 4 pot

      Terimakasih …

  16. Sutarjo
    24 Juli 2013 pukul 11:41

    aku juga punya … bagus dan segar, ada yg minat ?

  17. Enter your name...
    27 Juli 2013 pukul 22:38

    ya kalau gak laku lagi buat koleksi dw uapik.

  18. indra
    31 Juli 2013 pukul 10:09

    Kami menjual bunga anthurium dengan berbagai jenis secara borongan ..

    JEANMANIE kecil sebanyak 50 pot
    Jeanmanie Remaja sebanyak 70 pot
    Jeanmanie Tanggung sebanyak 15 pot
    Jeanmanie Dewasa sebanyak 25 pot

    Jeanmanie Mawar,sweet Merapi, Keris .. 1 pot
    Hookery Besar sebanyak 15 pot
    Hookery Curly sebanyak 2 Pot

    Gelombang Cinta Sedang sebanyak 19 pot
    Gelombang cinta Besar sebanyak 4 pot

    Kami menawarkan harga sebesar Rp 40 Juta untuk semua,Bila berminat Hubungi kami di :

    Indra Hermawan [Malang-Jawa Timur]
    Telp : 0341-6507199
    Email : indranicro@yahoo.com

    Terimaksih

    • Equino
      9 Juni 2015 pukul 11:04

      Saya lihat bnyak yg promosi Jenmani dengan penjualan jutaan,kok Banyak Rekan yg jg menawarkan Tp kok tdk direspon.Coba klo memang harganya bagus Sekarang saya tawarkan Jenmani Cobra Asli indukan dengan harga 12 juta yang ukuran sedang saya tawarkan 3jt.klo memang Si Peng Upload tidak bohong Pasti ada rsponding dari Tulisan saya ini.Equino 082111194699

Silahkan bergabung untuk diskusi

Email anda tidak akan dipublikasikan.

Iklan Baris
Menarik Juga »