Jogja
Rabu, 12 Juni 2013 - 14:15 WIB

SEPUTAR JOGJA : Kotabaru Jadi Percontohan Kawasan Ramah Sepeda

Redaksi Solopos.com  /  Maya Herawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Foto Ilustrasi JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto

Foto Ilustrasi
JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto

JOGJA-Dinas Perhubungan Kota Jogja, akan menjadikan Kotabaru sebagai kawasan percontohan ramah sepeda sebelum dikembangkan ke wilayah lain.

Advertisement

“Kondisi wilayah Kotabaru cukup nyaman bila digunakan untuk bersepeda karena wilayah tersebut rindang dan tidak banyak aktivitas perekonomiannya,” kata Kepala Seksi Rekayasa Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kota Jogja, Windarto Rabu (12/6/2013).

Menurut dia, upaya menjadikan Kotabaru sebagai kawasan percontohan ramah sepeda akan direalisasikan pada 2014 dan saat ini Dinas Perhubungan masih melakukan kajian mengenai desain yang tepat diaplikasikan di kawasan tersebut.

“Kami akan memilih jalur-jalur jalan yang sering digunakan oleh para pesepeda. Dimungkinkan, jalur akan dibuat lurus tak terputus tidak seperti jalur sepeda di lokasi lain,” katanya.

Advertisement

Selain dilengkapi dengan jalur khusus sepeda, di kawasan ramah sepeda Kotabaru juga akan dilengkapi berbagai rambu pendukung seperti rambu penunjuk arah dan juga rambu dilarang parkir di sepajang jalur khusus sepeda serta tempat penyeberangan.

“Jika program pengembangan kawasan ramah sepeda di Kotabaru bisa berhasil, maka tidak menutup kemungkinan akan dikembangkan di daerah lain,” katanya.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif