DJAFAR ASSEGAF Meninggal Dunia

Djafar Assegaf (Antara)Djafar Assegaf (Antara)

JAKARTA--Sayyid Dja’far bin Husein bin Ahmad Assegaf atau yang dikenal dengan Djafar Assegaf meninggal dunia, Rabu (12/6/2013) pukul 05.00 WIB di Rumah Sakit Mitra Kemayoran, Jakarta.

Menurut keterangan salah satu puteranya Gazy Assegaf yang dihubungi Antara di Jakarta, Senin (10/6/2013), mendiang menderita penyakit hernia sejak 17 tahun lalu.

“Pascaoperasi, ayah masih bertahan. Tapi setelah kemoterapi, beliau mungkin sudah tidak kuat lagi, mungkin ini sudah waktunya,” katanya.

Gazy mengatakan ayahnya tersebut tidak berpesan apa-apa untuk keluarga.”Itu yang kami tunggu-tunggu sebetulnya. Beliau cuma bilang ‘sudah jangan diapa-apakan lagi’,” katanya.

Jenazah akan dibawa ke rumah duka di Jalan Munggang Balekambang 58, Depok, Jawa Barat, untuk selanjutnya dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan.

“Untuk jamnya kita belum bisa memastikan karena sekarang ayah masih diproses di rumah sakit, masih dilepas dari alat-alat yang selama ini menopangnya,” katanya.

Dia mengatakan mendiang juga sempat dikunjungi sejumlah politisi di tempat ia bernaung, yakni Partai NasDem, seperti Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh dan Akbar Faisal.

Sebelumnya, mantan Duta Besar Indonesia untuk Vietnam tersebut sempat dirawat di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo Kencana sejak 17 Maret 2013, namun seminggu terakhir mendiang dilarikan ke Rumah Sakit Mitra Kemayoran.

Semasa hidupnya, Djafar Assegaf dikenal aktif di dunia politik, sebagai mantan Ketua Dewan Pembina Partai NasDem dan menjabat peranan penting di berbagai media, seperti Wakil Pimpinan Umum Harian Media Indonesia. Mendiang juga sempat aktif mengajar sebagai dosen FISIP Universitas Indonesia.

Editor: | dalam: Peristiwa |

Berita Terkait

Iklan Cespleng
Menarik Juga »