News
Selasa, 11 Juni 2013 - 21:21 WIB

PPDB ONLINE SOLO : Juara Nasional dan Internasional Bebas Pilih Sekolah

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLO — Siswa yang meraih juara nasional dan internasional bisa langsung memilih sekolah tujuan dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Online Solo 2013. Dalam PPDB Online, siswa berhak memilih dua sekolah negeri dan dua sekolah swasta.

Ketua Pelaksana Validasi Piagam Prestasi PPDB Online 2013 Solo, Kelik Isnawan, memaparkan siswa yang memiliki piagam prestasi disarankan mengikuti validasi piagam prestasi pada 17-22 Juni mendataang. Validasi dilakukan mulai pukul 07.30 WIB hinga pukul 14.00 WIB, di Kantor Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Solo.

Advertisement

Jenis piagam yang bisa divalidasi meliputi piagam kejuaraan olahraga, piagam kejuaraan akademis, piagam kejuaraan keterampilan, piagam kejuaraan kesenian dan piagam anak guru.
“Piagam yang bisa divalidasi merupakan keluaran Juli 2011 sampai Juli tahun ini. Piagam berasal dari kejuaraan yang diselenggarakan organisasi resmi baik pemerintah atau swasta. Jika kejuaraan diselenggarakan sekolah/instansi harus ada rekomendasi organisasi induknya,” ungkapnya saat ditemui Solopos.com, Selasa (11/6/2013).

Dia melanjutkan, piagam kejuaraan yang bisa divalidasi mulai dari kejuaraan tingkat kecamatan hingga kejuaraan internasional. Untuk kejuaraan tingkat kecamatan, hanya piagam juara I yang bisa mendapat nilai validasi. Kejuaraan tingkat kota/kabupaten, kejuaraan tingat provinsi, kejuaraan tingkat nasional hingga kejuaraan internasional menilai juara I hingga juara III. Setiap naik satu tingkat kejuaraan, nilai validasi bertambah 0,25 hingga juara I kejuaraan nasional.
Piagam anak guru bisa dinilai 1,00 jika digunakan untuk masuk ke sekolah tempat guru tersebut mengajar. Nantinya, nilai validasi piagam digunakan sebagai pendukung PPDB Online.

“Bagi siswa yang pernah meraih juara I kejuaraan nasional dan juara I hingga juara III kejuaraan internasional bisa langsung memilih sekolah tujuan. Namun, kami menyarankan agar yang bersangkutan menyesuaikan sekolah dengan prestasi akademis. Jika kemampuan akademis tidak terlalu menonjol, disarankan tidak memaksakan masuk sekolah favorit,” imbuh Kelik.

Advertisement

Hal serupa juga diungkapkan Koordinator PPDB Online SMP, Waliyono. Jika siswa memaksakan diri masuk sekolah favorit tetapi kemampuan akademisnya kurang mendukung, yang bersangkutan bisa kesulitan menyesuikan pembelajaran. Meski validasi piagam prestasi akan dilakukan pekan depan, pihaknya tetap berharap siswa dan orangtua mempersiapkan piagam yang akan divalidasi. Syarat melaksanakan validasi adalah membawa fotokopi piagam prestasi yang telah dilegalisasi instansi terkait.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif