News
Selasa, 11 Juni 2013 - 20:53 WIB

HAJI 2013 : Kuota Haji Indonesia Dipangkas Hingga 20 Persen

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - ilustrasi jemaah haji Indonesia (JIBI/Solopos/Dok.)

ilustrasi jemaah haji Indonesia (JIBI/SOLOPOS/Dok)

JAKARTA — Pemerintah Arab Saudi mengurangi kuota haji asal Indonesia hingga sekitar 40.000 orang atau sekitar 20 persen dari total kuota haji Indonesia. Pengurangan itu dilakukan karena adanya renovasi Masjidil Haram.

Advertisement

“Ada surat dari Kedutaan Besar Arab Saudi di Indonesia. Jadi ada rencana pemerintah Arab Saudi untuk memotong jumlah jemaah haji Indonesia sebesar 40 ribu orang,” kata Ketua Komisi VIII DPR, Ida Fauziah, di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (11/6/2013).

Alasan pengurangan karena adanya renovasi di sekitar area ibadah Masjidil Haram. Renovasi itu mengakibatkan pengurangan wilayah tempat tinggal jamaah.

“Pembangunan di sekitar Masjidil Haram belum selesai, sehingga area ibadah di sekitar Masjidil Haram akan jadi persoalan,” ujarnya.

Advertisement

Pengurangan ini akan mengakibatkan makin lamanya waktu tunggu jemaah asal Indonesia. Oleh karenanya dia meminta pemerintah melobi Arab Saudi agar kuota Indonesia banyak dikurangi.

“Waiting list kita sudah 12 tahun. Kalau dipangkas 40 ribu orang, calon yang sudah masuk waiting list dan sudah siap akan tertunda. Semakin panjang daftar tunggunya,” pungkas politikus perempuan PKB ini.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif