News
Selasa, 11 Juni 2013 - 17:17 WIB

DAHLAN ISKAN Ajak Mahasiswa Cepat-Cepat Berbisnis

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Dahlan Iskan. (Dok/JIBI/Solopos/Antara)

Menteri BUMN Dahlan Iskan. (JIBI/SOLOPOS/Antara)

JAKARTA—Menteri BUMN Dahlan Iskan mengajak mahasiswa cepat-cepat mempraktikkan kemampuan wirausaha sehingga ketika mengalami kegagalan masih memiliki waktu untuk bangkit kembali.

Advertisement

“Jangan menunda-nunda untuk berbisnis. Lebih cepat lebih baik, jangan menunggu sampai kuliah semester tinggi,” kata Dahlan dalam Seminar Manajemen Bisnis Keuangan 2013 bertema “Bisnis Keluarga Old Style vs New Style” di Kampus Universitas Atmajaya, Jakarta, Selasa (11/6/2013).

Menurut Dahlan, jika berbisnis dilakukan sejak dini maka akan mendapat banyak pelajaran berharga mulai dari kesalahan mencari jenis usaha, kegagalan merintis bisnis, kegagalan mengelola, terpuruk karena persaingan hingga bangkrut karena ditipu. “Pokoknya banyak rintangan yang dihadapi dalam menjalankan suatu usaha. Tetapi jika dihadapi dengan semangat juang tinggi maka seseorang pengusaha bisa disebut sebagai pebisnis sejati,” ujar Dahlan.

Pada seminar yang diikuti sekitar 400 mahasiswa dan dosen Atmajaya itu, Dahlan pun mengisahkan berbagai kendala bisnisnya, mulai dari mengembangkan satu perusahaan hingga mencapai sekitar 100 perusahaan miliknya. Dahlan juga mengkaitkan kisah bisnisnya dengan kondisi kesehatannya yang terpaksa menjalani transpalantasi hati akibat kanker.

Advertisement

“Satu lagi, jangan pernah merasa gagal menjadi seorang wirausaha. Coba dan coba lagi, karena bisnis itu melalui proses, gagal dan bangkit lagi,” imbuh pendiri sekaligus pemilik Jawa Pos Group itu.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif