News
Senin, 10 Juni 2013 - 23:30 WIB

UNPK SOLO : Pendaftar UNPK Gelombang II Minim

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLO — Pendaftar Ujian Nasional Paket Kesetaraan (UNPK) Paket B, Paket C dan Paket C Kejuruan Gelombang II masih minim. Di hari pertama pendaftaran, Senin (10/6/2013), hanya tercatat delapan pendaftar yang diterima Bidang Pendidikan Non Formal (PNF) Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Solo.

Menurut Kepala Seksi Kesetaraan dan Keaksaraan Bidang PNF Disdikpora Solo, Hasto Daryanto, delapan pendaftar yang tercatat meliputi empat peserta UNPK Paket B dan empat peserta UNPK Paket C Kejuruan. Untuk UNPK Paket C non kejuruan, pihaknya belum mencatat satu pun pendaftar hingga pukul 11.00 WIB. Jika dibandingkan dengan jumlah peserta masing-masing bidang UNPK, jumlah tersebut termasuk minim.

Advertisement

Dia mengatakan, peserta yang tidak lulus UNPK Paket C Gelombang I sebanyak 91 orang, sedangkan peserta yang tidak lolos UNPK Paket C Kejuruan sebanyak 32 orang. Sebanyak 87 orang dinyatakan tidak lulus UNPK Paket B Gelombang I. Sementara itu, hingga Senin siang, hasil UNPK Paket A Gelombang I belum diterima pihaknya.

Hasto melanjutkan, pendaftaran UNPK Gelombang II dibuka Senin-Rabu (10-12/6/2013) pada jam kerja. Peserta UNPK Paket A, Paket B, Paket C yang belum lulus saat UNPK Periode I lalu, bisa mendaftarkan diri kepada Bidang PNF saat jam kerja.

“Sementara siswa yang belum lulus Ujian Nasional (UN) 2013 juga bisa mengikuti UNPK Paket A, Paket B dan Paket C Gelombang II. Mereka bisa mendaftar di Pendaftaran Unit Pelaksana Teknis Daerah [UPTD] Disdikpora kecamatan masing-masing. Kami berharap peserta yang belum lulus UNPK Gelombang I bisa segera mendaftar karena data peserta harus segera dikirim ke Penitia UNPK Provinsi Jawa Tengah, 15 Juni,” terangnya ketika ditemui Solopos.com di ruang kerjanya, Senin.

Advertisement

Lebih jauh dia menerangkan, pendaftar UNPK Paket A, Paket B, Paket C dan Paket C Kejuruan mesti melengkapi persyaratan, yakni terdaftar dan aktif sebagai warga belajar dan tercatat dalam buku induk penyelenggara program Paket A, Paket B, Paket C dan Paket C Kejuruan, melampirkan tiga lembar fotokopi ijazah pendidikan sebelumnya, melampirkan tiga lembar fotokopi rapor semester I hingga semester V, melampirkan pas foto berwarna atau hitam putih berukuran 2×3 (dua lembar) dan 3×4 (empat lembar), melampirkan tiga lembar fotokopi nomor ujian sebelumnya.

“Seluruh berkas peserta hendaknya dijadikan satu dalam satu stofmap dan diberi identitas peserta ujian. Pelaksanaan UNPK Gelombang II akan dilakukan 1-4 Juli mendatang, serentak untuk Paket A, Paket B, Paket C dan Paket C kejuruan,” tambahnya.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif