Ronny Hartono ketika berada di puncak Gunung Kerinci. (Istimewa) Ronny Hartono ketika berada di puncak Gunung Kerinci. (Istimewa)
Minggu, 9 Juni 2013 16:20 WIB Tutut Indrawati/JIBI/SOLOPOS Solo Share :

Usung Onthel, Ronny Hartono Puncaki 13 Gunung!

Ronny Hartono ketika berada di puncak Gunung Kerinci. (Istimewa)

Luar biasa! Tak hanya mengusung ransel, Ronny Hartono turut memanggul sepeda onthel kesayangan saat mendaki gunung.

Hingga saat ini 13 puncak gunung berhasil ia jelajahi bersama onthel kesayangan yang ia beri nama Pertiwi Nusantara.

Ronny saat berkunjung ke SOLOPOS di Griya Solopos , Jl Adisucipto 190, Solo, Minggu (9/6/2013) mengungkapkan ke-13 gunung itu meliputi Gunung Gede Pangrango, Gunung Ceremai, Gunung Guntur di Jawa Barat.

Selain itu Gunung Slamet, Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, Gunung Merbabu, Gunung Lawu di Jawa Tengah, Gunung Arjuno di Jawa Timur.  Gunung Agung di Bali, Gunung Rinjani di  Nusa Tenggara Barat dan Gunung Kerinci pun sukses ia daki.


Ronny Hartono ketika berkunjung ke SOLOPOS di Griya Solopos, Jl Adisucipto 190, Solo, Minggu (9/6/2013) menunjukkan sederet foto  saat berada di puncak gunung bersama sepeda onthelnya. (Tutut Indrawati/JIBI/SOLOPOS)

Bagi pria lajang yang merupakan anggota Komunitas Sepeda Tua Indonesia (Kosti) itu 13 gunung belumlah cukup. Ronny bertekad memuncaki 17 gunung bersama Pertiwi Nusantara.

“Targetnya, sebelum 17 Agustus 2013, 17 puncak gunung.”

Ia yang akan memeringati hari ulang tahunnya ke-35  pada 17 Agustus itu ingin memecahkan rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (Muri) karena itu merupakan “kado” yang ia impikan selama ini.

Lebih lanjut pria yang berdomisili di Kendal itu megutarakan saat mendaki gunung bersama onthel kesayangannya cuaca dan medan yang sulit adalah tantangan berat yang harus ia tahlukkan. Seperti yang ia lakoni  pada 7 Juni 2013 saat menuju puncak Gunung Lawu di Jawa Tengah.

“Kemarin waktu pendakian ada kabut tebal dan track jalan cukup sulit untuk dilewati tapi meski begitu akhirnya sampai [puncak] juga  dan pada 8 Juni sudah sampai ke  bawah,” ungkapnya.

Ia menambahkan terkadang ia menunggangi onthel-nya saat menjumpai medan datar namun ia lebih sering mengusungnya.

Ronny mengaku saat mendaki gunung  ia biasa berkoordinasi dengan pecinta alam di daerah yang ia kunjungi.  Seperti  saat mendaki Gunung Lawu, ia ditemani tiga anggota Anak Solo Pecinta Alam (Asuta) yakni Agus, UUk dan Bontos.

Di sisi lain cerita yang mengundang tawa tak luput tertoreh dalam kisah perjalanannya menyusuri puncak 13 gunung.

“Jadi saat sampai di puncak gunung banyak orang di situ ingin berfoto. Namun kadang bukan bersama saya karena  mereka lebih ingin berfoto bersama  onthel saya,” ungkapnya terbahak.

lowongan pekerjaan
Pengawas, Estimator, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Leave a Reply


Iklan Cespleng
  • MOBIL DIJUAL JL CPT Taft GT4x4’94,Body Kaleng,Ori,Asli KLATEN:081391294151 (A00593092017) DP Mura…
  • LOWONGAN CARI PTIMER 2-4 Jam/Hari Sbg Konsltn&SPV Bid.Kshtn All Bckgrnd Smua Jursn.Hub:0811.26…
  • RUMAH DIJUAL Jual TNH&BGN HM 200m2,LD:8m,Strategis,Makamhaji,H:08179455608 (A00280092017) RMH LT13…
Lihat Semua Iklan baris!

Kolom

GAGASAN
Komunisme dan Logika Kita

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (23/9/2017). Esai ini karya Lukmono Suryo Nagoro, seorang editor buku yang tinggal di Kota Solo. Alamat e-mail penulis adalah lukmono.sn@gmail.com. Solopos.com, SOLO — Mungkin kita pernah membaca pernyataan bahwa adanya kemiskinan dan ketimpangan ekonomi…