INDONESIA Vs BELANDA
Indonesia Sementara Tahan Belanda 0-0

timnas indonesia1

< ![endif]-->

Timnas Indonesia berpose bersama jelang duel kontra Belanda. dokJIBI/SOLOPOS/Antara

SOLO – Indonesia untuk sementara sukses menahan laju tamunya, Belanda. Meski mendapat serangan bertubi-tubi dari runner up Piala Dunia 2010 itu, skuat Garuda, julukan Indonesia, mampu memaksakan babak pertama berakhir dengan 0-0.

Meski hanya bertajuk laga persahabatan, baik Indonesia maupun Belanda tetap menunjukkan keseriusannya pada duel yang berlangsung di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat (7/6/2013) malam WIB.

Belanda tampil dengan formasi andalannya, mengusung skema 4-4-3. Striker milik Manchester United, Robin van Persie (RVP), di plot sebagai kapten dan mengisi posisi lini depan bersama Schaken dan Lens. Sementara, Wesley Sneijder, menempati posisi lini tengah bersama Toornstra dan gelandang Swansea City, De Guzman.

Di sisi lain, Indonesia mengusung skema yang tak biasa saat menjamu runner up Piala Dunia 2010 itu. Skuat Garuda, yang tampil kali pertama di bawah asuhan pelatih asal Brazil, Jacksen F Tiago, dengan mengandalkan formasi 4-2-1-3.

Striker Boaz Solossa, secara mengejutkan di tempatkan di lini kedua. Ia menopang trio penyerang Indonesia, yang dihuni, Greg Nwokolo, Imanuel Wanggai dan Sergio van Dijk.

Meski hanya berlabel persahabatan alias uji coba, Belanda tetap menunjukkan profesionalitasnya, Terbukti, De Oranje, julukan Belanda, langsung tampil menyerang.

Bahkan pada menit kedua, Belanda sudah mampu menjebol gawang Indonesia, yang dijaga Kurnia Meiga, lewat bola rebound RVP. Namun, gol top skor Liga Premier Inggris dua kali beruntun itu, dianulir wasit asal Malaysia, N Noor Mohamed, karena RVP terlihat lebih dulu offside.

Namun, batalnya gol RVP tak membuat serangan Belanda mengendur. De Oranje justru lebih memebrikan determinasinya. Beberapa kali pergerakan serta aksi Belanda, baik melalui RVP, De Guzman, maupun pemain lainnya mampu membahayakan gawang Indonesia. Untungnya, peluang para pemain Belanda masih mampu dihalau Kurnia Meiga, yang tampil cukup cemerlang.

Pada menit ke-22, Indonesia mampu menciptakan peluang berbahaya melalui Greg. Penyerang Arema Indonesia itu nyaris menciptakan gol setelah terbebas dari pengawalan Belanda usai menerima umpan lambung Sergio van Dijk. Sayang, Greg kurang tenang dan sepakannya hanya menghasilkan tendangan gawang.

Pada menit ke-30, kedua tim sepakat melakukan time out beberapa saat. Ini menjadi sejarah tersendiri, karena baru kali ini time out diberlakukan dalam pertandingan sepak bola.

Seusai time out sejenak, pertandingan kembali dilanjutkan. Belanda kembali memegang kendali. Sementara, Indonesia lebih cenderung menjaga kedalamannya sambil sesekali melakukan serangan balik.

Sejauh ini, skuat Garuda tampil cukup apik dengan menjaga daerah pertahanannya dari gempuran de Oranje. Selain, Kurnia Meiga, yang tampil menawan, Raphael Maitimo, yang dipasang sebagai gelandang bertahan juga cukup apik. Maitimo tampil lugas dalam menghalau pergerakan para gelandang Belanda, yang dimotori  Sneijder dan Arjen Robben.

Indonesia terus mendapat tekanan dari Belanda. Bahkan pada menit ke-45+1, RVP kembali menciptakan peluang lewat tendangan kerasnya usai lolos jebakan offside. Namun, upaya RVP masih bisa dihalau Meiga.

Hingga babak pertama berakhir, kedua tim tak mampu memecahkan kebuntuan. Babak pertama pun berakhir 0-0.

Susunan Pemain

Indonesia (4-2-1-3)

Meiga (Gk); Tony, M Roby, Igbonefo, Salampessy; Maitimo, Jufriyanto; Boaz; Greg, Van Dijk, Wanggai

Belanda (4-3-3)

Cillessen (Gk); Janmaat, Vlaar, Pieters, Nelom; De Guzman, Sneijder, Toornstra; Lens (Robben 13’), Van Persie, Schaken

Editor: | dalam: Internasional |
Iklan Cespleng
Menarik Juga »