PPDB ONLINE
73 Sekolah di Karanganyar Terapkan PPDB Online

Ilustrasi mengakses internet (Dok/JIBI/SOLOPOS)Ilustrasi mengakses internet (Dok/JIBI/SOLOPOS)

KARANGANYAR–Sebanyak 73 sekolah baik tingkat SMA maupun SMP di Karanganyar bakal menerapkan penerimaan peserta didik baru (PPDB) dengan sistem online pada tahun ajaran 2013/2014.

PPDB online dilaksanakan selama tiga hari mulai 17-19 Juni 2013.

Kasubag Perencanaan Disdikpora Karanganyar, Endang Purwanti, mengatakan pelaksanaan PPDB online dilakukan di seluruh sekolah negeri baik tingkat SMA maupun SMP. Jumlah sekolah SMA yang melaksanakan PPDB online sebanyak 22 sekolah sedangkan SMP sebanyak 51 sekolah.

“Sudah tiga tahun PPDB di Karanganyar dilaksanakan dengan sistem online. Setiap calon siswa  katanya saat ditemui Solopos.com, awal pekan kemarin.

Pelaksanaan PPDB dengan sistem online dilaksanakan untuk memudahkan proses pendaftaran calon siswa baru bisa melakukan pendaftaran lewat internet. PPDB online hanya akan digunakan untuk sekolah-sekolah yang telah memiliki fasilitas pendukung seperti jaringan internet. Sementara sekolah-sekolah yang belum memiliki fasilitas untuk menggelar PPDB online tetap akan melakukan PPDB secara offline.

Sekolah Pilihan

Para calon siswa baru diberi tiga alternatif pilihan sekolah yakni dua sekolah negeri dan satu sekolah swasta. Sementara untuk calon siswa baru SMK bakal diberi batas maksimal pemilihan keahlian sebanyak empat jurusan.

“Jika calon siswa baru dinyatakan tak diterima di tiga sekolah pilihan maka bisa mendaftar di sekolah yang belum memenuhi kuota,” terangnya.

Sementara Kabid Dikmen Disdikpora Karanganyar, Heru Sugiatmo, mengungkapkan pihaknya segera menyosialisasikan sistem PPDB online ke setiap sekolah. Para petugas operator di setiap sekolah diminta mengikuti bimbingan teknis (bintek) PPDB online. Calon siswa baru yang diterima sesuai peringkat nilai Ujian Nasional (UN) ditambah penghargaan atau prestasi yang pernah diraih.

Soal jadwal pelaksanaan PPDB online, Heru menjelaskan jadwal pelaksanaan PPDB online lebih awal dibanding wilayah se-Soloraya. Langkah ini dilakukan agar para calon siswa baru yang berdomisili di wilayah pinggiran tak mendaftar di wilayah lain.

“Ada empat kabupaten yang PPDB online dilaksanakan pada 24 Juni termasuk Kota Solo. Sementara PPDB online di Karanganyar dilaksanakan lebih awal agar para calon siswa baru yang mempunyai potensi akademik tidak mendaftar ke wilayah lain,” terangnya.

Berdasarkan data Disdikpora Karanganyar, jumlah kuota siswa baru tingkat SMA sederajat sebanyak 3.984 kursi. Sementara tingkat SMP sederajat sebanyak 13.236 kursi dengan rincian SMP negeri sebanyak 9.492, SMP swasta sebanyak 2.502 dan Madrasah Tsanawiyah (MTs) sebanyak 1.692 kursi.

Simak berita menarik lainnya  : http://digital.solopos.com/file/04062013/

Editor: | dalam: Karanganyar |
Iklan Cespleng
Menarik Juga »