News
Senin, 3 Juni 2013 - 16:29 WIB

PENGUMUMAN UN SMA : Nilai Keluar, Maria Agustina Akhirnya Lulus UN

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLO — Setelah menanti 10 hari pascapengumuman Ujian Nasional (UN) tingkat SMA 24 Mei lalu, nilai ujian Bahasa Inggris Maria Agustina Siwi Anugraheni akhirnya turun pada Senin (3/6/2013). Lewat nilai 4,4 yang diraihnya Maria dinyatakan lulus UN 2013.

Dihubungi Solopos.com, Senin siang, Ketua UN 2013 Solo, Bambang Wahyono, mengungkapkan sekitar pukul 13.00 WIB, Panitia UN Provinsi Jawa Tengah (Jateng) memberitahukan perihal turunnya nilai Maria lewat telepon.

Advertisement

Pihaknya lantas disarankan menghubungi PT Wahana (rekanan Panitia UN Provinsi Jateng dalam pemindaian LJUN) untuk memastikan keberadaan fisik hasil UN Bahasa Inggris Maria.
“Setelah PT Wahana memastikan keberadaannya, kami pun mengirimkan utusan untuk mengambil hasil UN ke Semarang, sekitar pukul 13.30. Kami juga telah melaporkan perkembangan ini kepada Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga [Disdikpora] Solo dan SMA Negeri 8. Mengenai penyerahan nilai kepada Maria akan dilakukan sekolah,” paparnya.

Sebelumnya, hasil rata-rata nilai UN Maria dari lima mata pelajaran telah mencapai 5,4. Kepala SMA Negeri 8, AD Gayatri, pernah mengungkapkan jika hasil nilai UN Bahasa Inggris Maria hanya satu ada dua, yang bersangkutan sudah dinyatakan lulus UN.

Dihubungi terpisah, Maria Agustina Siwi Anugraheni, mengaku masih menyimpan kebingungan meski nilai UN Bahasa Inggrisnya telah turun. Maria masih berharap ada pendampingan dari pihak sekolah untuk bisa membantunya mendaftar ke Perguruan Tinggi (PT). Sebab, saat ini dia belum memiliki cukup biaya atau kawan pendamping untuk mendaftar ke PT.

Advertisement

“Kakak-kakak saya bekerja di luar kota, sedangkan ibu kurang paham hal-hal seperti itu. Saya berharap sekolah mau membantu karena saya sudah kehilangan kesempatan sampai sejauh ini. Sampai sekarang saya pun belum diberitahu sekolah mengenai turunnya nilai UN itu,” ujarnya.

Kepala Disdikpora Solo, Etty Retnowati, membenarkan jika nilai UN Bahasa Inggris Maria telah turun. Turunnya nilai Maria sekaligus membuat tingkat kelulusan SMA Negeri 8 mencapai 100% tahun ini. Kepala SMA Negeri 8 telah diberitahu mengenai hal tersebut. Disinggung tentang adanya pendampingan Disdikpora untuk membantu Maria mendaftar ke PT, dia telah melakukan kontak kepada Pembantu Rektor (PR) II Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Jamal Wiwoho.
“Oleh beliau, kami disarankan menghadap PR I UNS, Sutarno. Tetapi mengenai langkah selanjutnya, masih akan kami bicarakan dengan pihak sekolah. Kami bersyukur nilai Maria sudah bisa turun seluruhnya,” terangnya saat dihubungi Solopos.com, Senin sore.

PR I UNS, Sutarno, memastikan satu mahasiswa yang gagal lolos Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2013, bukanlah Maria. Berdasarkan penelusuran pihaknya, satu siswa itu berasal dari Provinsi Jawa Timur (Jatim). Dirinya menyarankan agar Maria menempuh jalur masuk PT lainnya, seperti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) atau Ujian Masuk Bersama Perguruan Tinggi Negeri (UMB-PT).

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif