Jelang Habis Masa Jabatan, Gubernur Jateng Mutasi 28 Pejabat Pemprov

Senin, 03/6/2013

SEMARANG – Menjelang berakhirnya masa jabatan Gubernur Jateng, Bibit Waluyo melakukan mutasi 28 pejabat di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jateng.

Pelantikan 28 pejabat yang terdiri dari enam pejabat eselon II, tujuh pejabat eselon III, dan 15 pejabat eselon IV dilakukan di Gedung Gradhika Bhkati Praja, kompleks Kantor Gubernur Jl Pahlawan, Kota Semarang, Senin (3/6/2013).

Enam pejabat eselon II yang dilantik masing-masing Kepala Dinas Pertanian, Tanaman Pangan, dan Holtikultural, Suryo Banendro. Kepala Dinas Kehutanan, Bowo Suryoko, Kepala Badan Pemberdayaan Masyasrakat dan Desa (Bapermades) Taviv Supriyanto, Kepala Biro Perekonomian Dadang Somantri, Kepala Biro Umum Rahardjanto Pudjiantoro, dan Kepala Biro Bina Produki Peny Rahayu.

Gubernur mengatakan pergantian pejabat tersebut tidak ada faktor politis, namun karena pejabat bersangkutan memasuki masa pensiun.

Menurut dia, Kepala Dinas Kepala Dinas Pertanian, Tanaman Pangan, dan Holtikultural sebelumnya Aris Budiono dan Kepala Dinas Kehutanan sebelumnya Oman Djuharna pada bulan Juni 2013 memasuki pensiun.

“Karena pejabat lama pensiun maka harus diisi dengan pejabat baru, sehingga yang di bawah juga ikut promosi naik,” katanya.

Promosi jabatan ini, lanjut Bibit, bukan didasari atas suka atau tidak suka terhadap seorang pegawai, tapi berdasarkan ketentuan peraturan yang ada.

Penetapan jabatan sudah ada mekanisme tersendiri melalui Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat) Provinsi.

“Saya tidak pernah pilih kasih, kalau memang potensinya ada, saya dorong terus agar kinerja semakin baik,” ungkapnya.

Dalam kesempatan, Bibit yang akan mengakhiri masa jabatan sebagai Gubernur Jateng pada 23 Agustus 2013, berpesan kepada jajaran pegawai negeri sipil (PNS) Pemprov Jateng agar menjaga kebersamaan dan profesional dalam bekerja.