News
Minggu, 2 Juni 2013 - 16:26 WIB

34 SD di Solo Selenggarakan PPDB SD Plus

Redaksi Solopos.com  /  Imam Yuda Saputra  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi penerimaan siswa baru Sekolah Dasar [SD]. dokJIBI/SOLOPOS

Advertisement

Ilustrasi penerimaan siswa baru Sekolah Dasar [SD]. dokJIBI/SOLOPOS

SOLO-Sebanyak 34 SD yang berada di lima kecamatan menyelenggarakan Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) SD Plus 2013 Solo. Kuota yang disediakan bagi siswa plus sekitar 1.184 siswa.

Berdasarkan data yang dihimpun Solopos.com dari Panitia PPDB Solo 2013, persebaran SD plus meliputi Kecamatan Laweyan (lima SD), Kecamatan Serengan (lima SD), Kecamatan Pasar Kliwon (delapan SD), Kecamatan Jebres (tujuh SD) dan Kecamatan Banjarsari (sembilan SD). Kuota yang disediakan di masing-masing kecamatan tersebut yakni 192 siswa, 160 siswa, 256 siswa, 260 siswa dan 320 siswa.

Kuota setiap sekolah ditentukan berdasarkan daya tampung sekolah yang bersangkutan. PPDB SD Plus diperuntukkan bagi siswa miskin yang berada di satu wilayah kota/kabupaten. Pembiayaan PPDB SD Plus bersumber dari dana APBD setiap kabupaten/kota penyelenggara. PPDB SD Plus/Sekolah Plus menyediakan kesempatan lebih luas bagi siswa miskin untuk menempuh pendidikan dasar hingga menengah.

Kepada wartawan, Sekretaris PPDB Solo 2013, Budi Setiono, mengatakan penetapan SD penyelenggara PPDB Plus 2013 berdasarkan SK Walikota Solo Nomor 420/56-C/1/2012. Penetapan kuota siswa plus tetap mengacu kuota yang ditetapkan tahun lalu. Pendaftaran PPDB sekolah plus 2013 dilakukan secara offline pada 6-12 Juni dan pengumuman akan dilaksanakan 15 Juni. “Pendaftaran bisa dilakukan secara mandiri oleh siswa SD penyelenggara. Syarat pendaftaran yakni membawa surat keterangan tidak mampu (SKTM) yang disahkan oleh pejabat setempat dan menunjukkan keanggotaan kartu Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas),” terangnya ketika ditemui di ruang kerjanya, Sabtu (1/6).

Dia melanjutkan, pendaftaran PPDB SD Plus 2013 tidak dipungut biaya. Selama bersekolah di SD penyelenggara, pembiayaan siswa pun dibantu oleh dana APBD Solo dan Bantuan Operasional Sekolah (BOS). Disinggung mengenai besaran bantuan pembiayaan bagi setiap siswa, pihaknya mengaku belum mendapat instruksi lebih lanjut. Namun, dia menegaskan setiap siswa yang masuk ke SD plus bebas dari pembiayaan uang sekolah.

Sekolah Penyelenggara PPDB SD Plus 2013

Advertisement

Kecamatan Banjarsari

SD Negeri Bayan

SD Negeri Bibis Wetan

SD Negeri Nayu Barat I

SD Negeri Praon

SD Negeri Cinderejo

SD Negeri Sumber 5

Advertisement

SD Negeri Bibis Luhur I

SD Negeri Gebang

SD Ketelan

Kecamatan Jebres

SD Negeri Beton

SD Negeri Sabranglor

SD Negeri Mipitan

Advertisement

SD Negeri Bororejo

SD Negeri Belik

SD Negeri Gandekan

SD Negeri Gulon

Kecamatan Pasar Kliwon

SD Negeri Wiropaten

SD Negeri Mojo I

Advertisement

SD Negeri Mojo II

SD Negeri Mojo III

SD Negeri Semanggi

SD Negeri Sawahan II

SD Negeri Kidul Beteng

SD negeri Gading            

Kecamatan Serengan

Advertisement

SD Negeri Kajen

SD Negeri Danukusuman I

SD Negeri Plalan I

SD Negeri Plalan II

SD Negeri Kemasan II

Kecamatan Laweyan

SD Negeri Pajang III

Advertisement

SD Negeri Dukuhan Kerten

SD Negeri Tegalrejo

SD Negeri Bratan III

SD Negeri Mangkuyudan

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif