Jogja
Sabtu, 1 Juni 2013 - 16:24 WIB

Talkshow UAJY, Generasi Muda Diminta Tak Golput

Redaksi Solopos.com  /  Sumadiyono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Nurul Arifin (kiiri) saat menjadi pembicara dalam talkshow di Universitas Atma Jaya Yogyakarta, Jumat (31/5/2013). (JIBI/Harian Jogja/istimewa)

Nurul Arifin (kiiri) saat menjadi pembicara dalam talkshow di Universitas Atma Jaya Yogyakarta, Jumat (31/5/2013). (JIBI/Harian Jogja/istimewa)

JOGJA—Program Studi Ilmu Komunikasi bekerja sama dengan Himpunan Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi, FISIP UAJY menyelenggarakan talkshow bertema Anak Muda dan Politik, Young breakthrough: Be the next Transformer, Jumat (31/5) di Auditorium kampus IV Gd. Teresa FISIP UAJY.

Advertisement

Talkshow  menghadirkan pembicara Nurul Arifin (Anggota Komisi 1 DPR RI); Kristiadi (Secretary of the Board of Directors of CSIS), dan Sukiratnasari (Anggota KPID DIY). Lukas Ispandriarno (Dekan Fisip UAJY) didapuk sebagai moderator.

J. Kristiadi menjelaskan menjelang pesta demokrasi 2014 tren politik di Indonesia cenderung lebih dinamis dan agak memanas. Kecenderungan anomali suhu politik Indonesia ini setidaknya dipengaruhi oleh beberapa persoalan.

Salah satu  yang paling dominan adalah perilaku elite politik. Mulai dari ketidakmampuan para eliet mengelola modal legitimasi dari rakyat sampai pada perilaku mereka yang tidak etis

Advertisement

Hampir semua lembaga negara sebagai penjaga gerbang moral yang paling otoritatif telah runtuh ditelan citra yang buruk akibat meluasnya ketidakpercayaan publik (public distrust). “Jika tidak dibenahi, public distrust  ini akan mendorong sikap resistensi masyarakat bukan saja menjadi batu sandungan politik menjelang 2014,  namun bisa menjadi tsunami politik yang menerjang dan meluluhlantakkan karang kekuasaan,” paparnya.

Sementara itu Nurul Arifin berpesan masyarakat harus tetap optimistik bahwa perubahan itu bisa dilakukan dengan mempergunakan hak pilih kita, “Jangan sampai golput, karena betapapun sulitnya, masih ada politisi yang bersih di Senayan yang siap melakukan perubahan bersama rakyat,” tambahnya.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif