Soloraya
Sabtu, 1 Juni 2013 - 23:05 WIB

PENGUMUMAN UN SMP : Siswa SMP/MTs di Klaten Lulus 99,86%

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

KLATEN — Tingkat kelulusan Ujian Nasional (UN) siswa SMP dan MTs di Kabupaten Klaten mencapai 99,86% dari total 16.122 siswa. Persentase kelulusan siswa SMP dan MTs tahun ini lebih baik daripada tahun lalu yang mencapai 99,05% dari total 16.701 siswa.

Ketua Panitia Ujian UN Dinas Pendidikan (Disdik) Klaten, Wahono, mengatakan persentase kelulusan UN untuk siswa SMP di Klaten melebihi persentase kelulusan UN di tingkat Provinsi Jawa Tengah bahkan di tingkat nasional.

Advertisement

“Di tingkat nasional, persentase kelulusan UN siswa SMP dan MTs mencapai 99,55%. Di tingkat Provinsi Jawa Tengah, persentase kelulusannya mencapai 99,77%. Sementara di Klaten persentase kelulusan UN siswa SMP dan MTs lebih tinggi dengan 99,86%,” ujar Wahono saat ditemui wartawan di Kantor Disdik Klaten, Sabtu (1/6).

Wahono menjelaslkan terdapat 22 siswa SMP yang tidak lulus UN tahun ini. Ke-22 siswa tersebut terdiri atas 20 siswa dari SMP negeri dan dua siswa dari SMP swasta. Siswa MTs baik negeri dan swasta lulus 100%. Namun jumlah siswa yang tidak lulus UN tahun ini lebih baik mengingat terdapat 82 siswa SMP dan MTs yang tidak lulus UN pada 2012 lalu.

Sementara pada 2011 lalu, persentase tingkat kelulusan UN SMP dan MTs mencapai 99,65% dari total peserta 17.395 siswa. Pada saat itu terdapat 58 siswa yang tak lulus UN SMP dan MTs. Dengan demikian, tingkat kelulusan UN SMP dan MTs di Klaten tahun ini merupakan prestasi terbaik dalam tiga tahun terakhir.

Advertisement

Pengumuman hasil UN siswa SMP dan MTs sudah diserahkan kepada masing-masing perwakilan sekolah pada Sabtu pagi. Hasil UN tersebut diumumkan kepada siswa pada Sabtu (1/6) sore. Pengumuman UN diambil oleh orangtua siswa di sekolah.

Bagi 22 siswa yang tidak lulus UN diharapkan bisa mendaftarkan diri mengikuti ujian kelompok belajar (kejar) paket B. Rencananya, ujian kejar paket B akan diselenggarakan pada awal Juli mendatang. Pendaftaran ujian kejar paket B dibuka di Kantor Disdik Klaten Bidang Pendidikan Non Formal.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif