Ilustrasi (JIBI/SOLOPOS/dok) Ilustrasi (JIBI/SOLOPOS/dok)
Kamis, 30 Mei 2013 13:03 WIB Demis Rizky Gosta/JIBI/Bisnis Indonesia Pendidikan Share :

SBMPTN
Mau Tahu Berapa Biaya Kuliah di PTN? Ini Dia Daftarnya

Ilustrasi (JIBI/SOLOPOS/dok)

JAKARTA — Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mempublikasikan daftar uang kuliah tunggal perguruan-perguruan tinggi negeri. Daftar tersebut terlampir dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan no. 55/2013.

Uang kuliah tunggal (UKT) adalah satu-satunya biaya kuliah yang dipungut PTN dari mahasiswa, dan pemungutan uang pangkal tidak lagi diperbolehkan. Mulai tahun ajaran 2013/2014, UKT ditetapkan secara terpusat untuk tiap program studi tiap PTN. UKT merupakan hasil dari pengurangan biaya kuliah tunggal dengan subsidi yang dibayarkan pemerintah kepada PTN.

Dalam lampiran Permendikbud no 55/2013 UKT dibagi menjadi hingga 8 kelompok tarif berdasarkan kemampuan ekonomi mahasiswa. Pengelompokan tarif ditetapkan berbeda tiap program studi per PTN. PTN wajib memberlakukan 2 kelompok UKT dengan nilai pungutan terendah (kelompok I dan II) kepada masing-masing 5% dari jumlah mahasiswa yang diterima.

Untuk informasi lebih lengkap mengenai daftar UKT dari berbagai perguruan tinggi negeri di Indonesia, silakan menyimak daftar pada tautan berikut ini: http://goo.gl/qSUuQ

Simak berita menarik lainnya di : http://digital.solopos.com/file/31052013/

lowongan kerja
lowongan kerja Solo Grand Mall, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply



1

Kolom

GAGASAN
Melawan Hoax Marketing

Gagasan Solopos, Jumat (3/2/2017), Ginanjar Rahmawan, dosen Bisnis dan Kewirausahaan STIE Surakarta yang juga mahasiswa S3 Community Development for SME’s UNS Solo. Beralamat email di rahmawan@stiesurakarta.ac.id. Solopos.com, SOLO — Minggu lalu, 8 Januari 2017, masyarakat anti hoax mendeklarasikan gerakan melawan…