Soloraya
Rabu, 29 Mei 2013 - 09:11 WIB

PILKADES MASARAN : Tahap III, Desa Krikilan Penyelenggara Pertama

Redaksi Solopos.com  /  Tutut Indrawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi tempat pemungutan suara (TPS). (JIBI/Solopos/Dok.)

Ilustrasi tempat pemungutan suara (TPS). (Dok/JIBI/SOLOPOS)

SRAGEN--Setelah 22 kepala desa (kades) hasil Pemilihan Kades (Pilkades) Tahap II di seluruh wilayah Sragen dilantik, giliran Desa Krikilan, Kecamatan Masaran, menggelar pesta demokrasi lima tahunan itu dalam Pilkades Tahap III. Pilkades bakal digelar 8 Juni 2013.

Advertisement

Nomor urut dan lambang ketiga calon kades (cakades) resmi ditetapkan oleh Panitia Pilkades Krikilan pada Selasa (28/5/2013).

Petahana (incumbent) Kades Krikilan periode sebelumnya, Suroso, memperoleh nomor urut 1 dengan lambang padi. Sementara dua orang cakades lainnya berturut-turut memperoleh nomor urut II dan III, yakni Sunarwan dengan lambang ketela dan Supriyanto dengan lambang jagung.

Ketua Panitia Pilkades Krikilan, Suwanto, mengatakan ketiga cakades bisa mulai berkampanye pada 1 Juni mendatang. Namun, cakades dilarang melakukan kampanye secara terbuka. Mereka hanya diperkenankan menggelar sosialisasi dengan berkeliling kampung secara bersamaan.

Advertisement

Selain itu, panitia juga akan menyediakan satu hari khusus bagi ketiga cakades untuk menyampaikan visi dan misi kepada masyarakat di Balai Desa Krikilan.

Pemegang Jabatan Sementara (PJS) Kades Krikilan, Prapto, mengatakan desa itu merupakan penyelenggara pilkades pertama di Masaran dalam Pilkades Tahap III.  Sedikitnya, terdapat 48 desa di Kabupaten Sragen yang bakal mengadakan pesta demokrasi dalam Pilkades Tahap III.

“Kalau di Kecamatan Masaran ada lima, yaitu Krikilan, Karangmalang, Dawungan, Kliwonan dan Masaran. Tapi semuanya baru dalam tahap persiapan,” terang dia.

Advertisement

Menurut Prapto, masa jabatan Suroso sebagai Kades Krikilan telah berakhir pada 25 April lalu. Dengan demikian, dia bebas menggelar kampanye untuk pencalonannya kali ini. Prapto menilai ketiga cakades memiliki kekuatan yang imbang, baik petahana maupun pendatang baru.

Prapto berharap pilkades yang bakal digelar pada 8 Juni itu bisa berjalan lancar dan damai.

“Siapa pun yang nantinya terpilih tidak masalah, yang penting Pilkades bisa lancar, mulus sesuai dengan peraturan,” pungkas dia.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif