Jogja
Selasa, 28 Mei 2013 - 15:23 WIB

Tambak Udang di Kulonprogo Jebol Akibat Hujan Deras

Redaksi Solopos.com  /  Jumali  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Dok)

KULONPROGO-Hujan deras yang mengguyur wilayah Kulonprogo Sabtu (25/5) malam menyebabkan 2,5 ton udang vanname di tambak Pasir Mendit, Desa Jangkaran, Temon gagal panen. Akibatnya, kerugian diperkirakan lebih dari Rp70 juta.

Advertisement

Adapun dua tambak yang jebol itu adalah milik Wagiyanto dan Tri Joko. Tambak Wagiyanto seluas 1.500 meter persegi dengan kapasitas udang mencapai 1,7 ton sedangkan milik Tri Joko seluas 1.000 meter persegi dengan kapasitas udang 800 kuintal.

Wagiyanto mengatakan akibat derasnya hujan yang turun Sabtu lalu, air yang berada di dalam kolam penampung miliknya langsung meluap.

“Biasanya kalau hujan lebat dan air mulai meluap kami langsung membuka beberapa saluran air untuk mengalirkan air ke sungai. Tapi saat kejadian, saya tertidur di rumah sehingga air meluap,” jelas dia, Selasa (28/5/2013).

Advertisement

Luapan air tersebut, lanjutnya kemudian memasuki kolam milik Tro Joko. Lantaran air yang masuk makin banyak, dinding kolam langsung jebol sehingga udang dari dua kolam yang letaknya bersebelahan tersebut tumpah dan mengalir ke arah sungai.

“Padahal udang-udang tersebut sudah siap panen. Rencananya akan kami panen awal Juni besok. Dengan adanya kejadian ini kami tidak tahu harus melakukan apa lagi,” tambah Tri Joko.

 

Advertisement

Advertisement
Kata Kunci : Jebol Tambak Udang
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif