Soloraya
Selasa, 28 Mei 2013 - 19:07 WIB

MOBIL ESEMKA : Pemkot Solo Hanya Alokasikan Pembelian 1 Mobil Esemka di APBD 2013

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Mobil Esemka (JIBI/SOLOPOS/Dok)

Mobil Esemka (JIBI/SOLOPOS/Dok)

SOLO — Pemkot Solo hanya mengalokasikan anggaran pembelian satu unit mobil Esemka di APBD 2013. Mobil tersebut digunakan untuk mobil dinas Ketua DPRD Solo.

Advertisement

Wakil Ketua Badan Anggaran (Banggar), Supriyanto, menjelaskan di APBD 2013 dialokasikan anggaran senilai Rp200 juta untuk pembelian mobil Esemka untuk Ketua DPRD. Sementara, rencana pembelian mobil Esemka sebagai mobil dinas SKPD serta walikota batal dialokasikan lantaran pemkot ragu.

“Di APBD 2013 hanya untuk Ketua DPRD. Saat pembahasan, mobil dinas pemkot dan walikota tidak jadi dianggarkan karena mereka ragu. Ya keraguan ini bisa banyak hal,” jelasnya saat dihubungi Solopos.com, Selasa (28/5/2013).

Supriyanto menilai produk mobil Esemka tidak disiapkan secara maksimal. “Pembuatan mobil Esemka tidak disiapkan secara maksimal. Sehingga belum menjamin dari segi kualitas maupun kuantitas,” urainya.

Advertisement

Anggota Banggar, Umar Hasyim, juga mengakui belum ada alokasi anggaran di APBD 2013 untuk pembelian mobil Esemka sebagai mobil dinas pemkot.

Disampaikannya, apresiasi terhadap karya anak bangsa memang perlu diberikan terutama dengan membeli produk tersebut. Hanya saja, jika mobil Esemka kemudian digunakan di produksi massal dan digunakan sebagai kendaraan dinas, Umar menilai hal itu masih perlu kajian.

Sementara itu, Ketua DPRD Solo, YF Sukasno, menegaskan rencana mobil dinasnya bakal diganti menggunakan mobil Esemka.

Advertisement

“Saya sudah konfirmasi itu. sudah dianggarkan tinggal pencairan di DPPKA,” ungkapnya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif