Pilkada
Minggu, 26 Mei 2013 - 15:52 WIB

PILGUB JATENG : Parpol Tak Solid, Ratusan TPS di Wonogiri Kosong Saksi HP-Don

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

WONOGIRI — Saksi pasangan calon gubernur (cagub) dan calon wakil gubernur (cawagub) Jawa Tengah nomor urut satu, Hadi Prabowo dan Don Murdono (HP-Don) di ratusan tempat pemungutan suara (TPS) kosong.

Diduga hal itu terjadi lantaran partai politik (parpol) pendukung pasangan tersebut, yakni PKS, Gerindra, Hanura, PPP, PKNU dan PKB, tidak solid dalam mengatur saksi.

Advertisement

Selain HP-Don, persoalan saksi juga terjadi pada pasangan cagub-cawagub Bibit Waluyo-Sudijono Sastro Atmojo. Namun kekosongan saksi pasangan ini hanya terjadi di sedikit TPS.

Camat Giritontro, Joko Waluyo, saat dihubungi Solopos.com, Minggu (26/5/2013), mengatakan aktivitas pencoblosan di 51 TPS di Kecamatan Giritontro tidak dihadiri 51 orang yang seharusnya menjadi saksi pasangan HP-Don.

Advertisement

Camat Giritontro, Joko Waluyo, saat dihubungi Solopos.com, Minggu (26/5/2013), mengatakan aktivitas pencoblosan di 51 TPS di Kecamatan Giritontro tidak dihadiri 51 orang yang seharusnya menjadi saksi pasangan HP-Don.

Bahkan, Joko menyebutkan, saksi di tingkat kecamatan hingga hari pencoblosan Minggu juga belum menampakkan diri.

“Kami tidak tahu penyebabnya. Yang jelas saat kami keliling, tidak ada satu pun saksi pasangan nomor urut satu di TPS. Saksi pasangan nomor tiga pasti ada, yang nomor dua ada yang kosong beberapa,” terang Joko.

Advertisement

Berdasarkan informasi yang beredar di lapangan, kekosongan saksi pasangan HP-Don disebabkan komunikasi antarparpol pendukung tidak solid. Selain itu, sejumlah bakal saksi pasangan HP-Don yang ditanya mengaku batal hadir lantaran honor yang diberikan tidak sesuai janji semula.

Kendati ada kekosongan saksi, Djarot memastikan hal tersebut tidak memengaruhi pelaksanaan pencoblosan. Menurutnya, hasil Pilgub tetap sah walaupun tidak dihadiri saksi dari salah satu atau semua pasangan.

“Tetap sah, tidak ada masalah dengan ketidakhadiran saksi,” ujar dia.

Advertisement

Selain di dua kecamatan tersebut, kekosongan saksi juga mewarnai pelaksanaan Pilgub di Kecamatan Purwantoro dan Kecamatan Paranggupito. Camat Purwantoro, Khamid Wijaya, dan Camat Paranggupito, Sriyono, mengatakan ada beberapa TPS di masing-masing kecamatan yang tidak dihadiri saksi HP-Don.

Sementara itu, menanggapi kondisi tersebut Sekretaris DPD PKS Wonogiri, Sutikno, mengaku dalam penyiapan saksi Pilgub, enam parpol pendukung HP-Don dibagi berdasarkan wilayah. PKS misalnya, bertanggung jawab menyiapkan saksi di delapan kecamatan, di antaranya Kecamatan Giriwoyo, Paranggupito, Purwantoro, Ngadirojo, Nguntoronadi, Manyaran, Wuryantoro dan Jatiroto. Di delapan kecamatan tersebut saksi per TPS telah diatur pihaknya.

“Di wilayah kami, ya ada yang kosong tapi hanya satu dua. Kalau di kecamatan lain di luar delapan kecamatan, itu urusan parpol lain. Sudah dibagi sebelumnya,” kata Sutikno.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif