News
Jumat, 24 Mei 2013 - 17:45 WIB

KONTES ROBOT : 100 Tim Dari 55 Perguruan Tinggi Ikuti Kontes Robot Indonesia

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

SEMARANG — Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang menjadi tuan rumah Kontes Robot Nasional (KRN) 2013. Ketua Panitia Pelaksana KRN, Dr St Dwiarso Utomo, mengatakan kontes robot ini akan diikuti sebanyak 100 tim dari 55 perguruan tinggi (PT) se-Indonesia.

“KRN akan berlangsung 6-9 Juni mendatang di kampus Udinus dan GOR Jatidiri,” katanya kepada wartawan di Semarang, Jumat (24/5/2013).

Advertisement

Kontes robot ini, lanjut dia merupakan kegiatan rutin setiap Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DP2M) Direktorat Jenderak Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas) untuk mencari wakil Indonesia di kancah internasional.

Pada KRN 2013, kata Dwiarso diperlombakan lima nomor, yakni kontes robot Indonesia (KRI) dengan tema Indonesia Hijau, kontes robot pemadam api Indonesia (KRPAI) beroda, KRPAI kaki, dan kontes robot sepak bola Indonesia (KRSBI), dan kontes robot seni Indonesia (KRSI).

“Pemenang KRI, KRPAI, KRSBI akan mewakili Indonesia ke ajang serupa tingkat internasional, sedang KRSBI hanya untuk meningkatkan seni Indonesia,” bebernya.

Advertisement

Beberapa menteri, imbuh dia, akan hadir di KRN, yakni Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Menteri Riset dan Teknologi (Menristek), Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), dan Menteri Komunikasi Informatika (Menkominfo).

”Untuk menyaksikan kontes robot yang berlangsung 8-9 Juni di GOR Jatidiri, Jatingaleh, Semarang penonton membayar Rp25.000 per orang,” ungkapnya.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif