JELANG FINAL LIGA CHAMPIONS
Peluang Lewandowski Raih Sepatu Emas

Striker Borussia Dortmund, Robert Lewandowski, usai menggelontorkan empat gol ke gawang Real Madrid pada semifinal leg kedua Liga Champions di Signal Iduna Park, beberapa waktu lalu. dokJIBI/SOLOPOS/ReutersStriker Borussia Dortmund, Robert Lewandowski, usai menggelontorkan empat gol ke gawang Real Madrid pada semifinal leg kedua Liga Champions di Signal Iduna Park, beberapa waktu lalu. dokJIBI/SOLOPOS/Reuters

LONDON—Empat kali menjebol gawang Real Madrid dalam satu pertandingan di semifinal Liga Champions melambungkan nama striker Borussia Dortmund, Robert Lewandowski, sebagai kandidat terkuat peraih sepatu emas musim ini.

Striker Borussia Dortmund, Robert Lewandowski, usai menggelontorkan empat gol ke gawang Real Madrid pada semifinal leg kedua Liga Champions di Signal Iduna Park, beberapa waktu lalu. dokJIBI/SOLOPOS/Reuters

Torehan itu membuat striker internasional Polandia itu menjadi pemain pertama yang mengemas empat gol di satu pertandingan semifinal Liga Champions. Tak heran jika Lewandowski menjadi sorotan menuju final kontra Bayern Munich di Stadion Wembley, London, Minggu (26/5) dini hari WIB.

Dengan masih memainkan satu pertandingan di final, Lewandowski berpeluang mengejar torehan gol striker Madrid Cristiano Ronaldo yang saat ini masih berada di posisi teratas daftar pencetak gol terbanyak Liga Champions musim ini.

Saat ini Lewandowski mengoleksi 10 gol, hanya terpaut dua gol di belakang Ronaldo yang membukukan 12 gol. Jika Lewandowski melampaui koleksi gol Ronaldo, dia akan menjadi pemain dari klub Jerman pertama yang memenangi sepatu emas sejak kemenangan Wynton Rufer bersama Werder Bremen di musim 1993/1994 dengan koleksi delapan gol.

Munculnya nama Lewandowski sebagai kandidat peraih sepatu emas Liga Champions musim ini mementahkan prediksi sebagain besar kalangan. Ketika turnamen ini memasuki semifinal, Ronaldo dan Lionel Messi yang dijagokan menjadi top skor. Kendati Ronaldo masih berada di posisi puncak daftar pencetak gol terbanyak, torehan golnya membeku di angka 12. Sedangkan koleksi gol Messi terhenti di angka delapan.

Insting predator striker berusia 24 tahun itu di depan gawang lawan otomatis memikat perhatian sejumlah klub besar Eropa. Menjelang duel der klassiker di Wembley, Lewandowski santer dikabarkan akan meninggalkan Dortmund begitu musim ini berakhir.

Namun kabar itu dibantah pelatih Dortmund, Jurgen Klopp. Lewandowski dikabarkan akan mengikuti jejak rekan setimnya di Dortmund, Mario Goetze hengkang ke Bayern Munich di musim panas mendatang. Juara Liga Premier, Manchester United, juga dikabarkan tertarik mendapatkan servis sang pemain.

“Saat ini tidak ada topik mengenai transfer Lewandowski. Kesimpulan saya adalah Robert tidak akan meninggalkan Borussia dan dia akan bermain di sini pada musim depan dan saya bisa kembali menggunakan servisnya,” ujar Klopp kepada surat kabar Polandia Przeglad Sportowy seperti dilansir Foxsports, Kamis (23/5). “Itulah kenapa saya bahkan tidak ingin berpikir mengenai klub mana yang cocok bagi dia,” imbuh Klopp.

 

Editor: | dalam: Liga Champions |
Iklan Cespleng
Menarik Juga »