Berlin dan Warsawa Siap Gelar Final Eropa

Stadion Olimpiade Berlin pada Mei 2006 (kiri) dan Stadion Nasional Polandia di Warsawa (kanan). Stadion Berlin akan digunakan sebagai perhelatan final Liga Champions 2015, sedang Stadion Warsawa untuk final Liga Europa dokJIBI/SOLOPOS/ReutersStadion Olimpiade Berlin pada Mei 2006 (kiri) dan Stadion Nasional Polandia di Warsawa (kanan). Stadion Berlin akan digunakan sebagai perhelatan final Liga Champions 2015, sedang Stadion Warsawa untuk final Liga Europa dokJIBI/SOLOPOS/Reuters

< ![endif]-->

Stadion Olimpiade Berlin pada Mei 2006 (kiri) dan Stadion Nasional Polandia di Warsawa (kanan). Stadion Berlin akan digunakan sebagai perhelatan final Liga Champions 2015, sedang Stadion Warsawa untuk final Liga Europa dokJIBI/SOLOPOS/Reuters

LONDON – Berlin akan menjadi tuan rumah untuk final Liga Champions untuk pertama kalinya pada 2015. Sementara, Stadion Warsawa akan menjadi panggung bagi final Liga Europa.

Kepastian ini diumumkan secara langsung oleh UEFA melalui Sekretaris umum, Gianni Infantino, pada konfrensi pers, Kamis (23/5/2013).

“Dua arena indah untuk final-final kami pada 2015,” ujar Infantino dilansir Antara.

Pemilihan waktu keluarnya pengumuman ini sangat tepat mengingat publik Jerman sedang tersedot perhatiannya ke final Liga Champions yang mempertemukan sesama tim Jerman, yakni Bayern Munich dan Borussia Dortmund di Wembley, Minggu (26/5/2013) dini hari WIB.

Pertandingan 2015, di Stadion Olympic Berlin, akan menjadi final Eropa pertama bagi ibukota Jerman yang menjadi tuan rumah untuk Olimpiade pada 1936 dan final Piala Dunia 2006.

“Saya telah mengutarakan harapan saya sepanjang final 2012 di Munich kepada Michel Platini, bahwa kali ingin segera kembali menjadi tuan rumah untuk ajang global,” kata presiden Federasi Sepak Bola Jerman (DFB), Wolfgang Niersbach.

“Ini merupakan pengakuan bagi kemampuan kami sebagai panitia penyelenggara dan tuan rumah, bahwa hal ini akan segera terwujud. Saya berterima kasih pada UEFA atas kepercayaannya dan menjanjikan selebrasi sepak bola luar biasa di Berlin.”

Sebelumnya dua kota Jerman telah digunakan sebagai tempat menggelar final Liga Champions, di mana Munich menyelenggarakannya sebanyak tiga kali pada 1993, 1997, dan 2012, serta Gelsenkirchen pada final 2004.

Dortmund dan Hamburg pernah menjadi tuan rumah final Piala UEFA, yang sekarang bernama Liga Europa, sebelum laga final itu diubah menjadi hanya dimainkan satu kali pada 1998.

Polandia, yang menjadi tuan rumah Piala Eropa 2012 bersama Ukraina, belum pernah memanggungkan final kompetisi Eropa utama. Namun kota Warsawa menjadi panggung untuk pertandingan pembuka Kejuaraan Eropa tahun lalu antara Polandia dan Yunani.

Mereka juga menjadi tempat berlangsungnya semifinal, saat Italia menang 2-1 atas Jerman. “Untuk final Liga Champions terdapat sedikit stadion yang dapat menyelenggarakannya, namun ada lebih banyak alternatif untuk Liga Europa,” imbuh Infantino.

“Tetapi kami telah memutuskan untuk kembali ke Warsawa dengan kenangan mengesankan terhadap Piala Eropa 2012, dan karena itu adalah arena yang fantastis, modern, dan efisien di kota yang indah di tengah-tengah Eropa.”

Pada tahun lalu UEFA menunjuk Lisbon sebagai tuan rumah final Liga Champions 2014 dan Turin untuk menyelenggarakan final Liga Europa.

Editor: | dalam: Liga Champions |
Iklan Cespleng
Menarik Juga »
Switch to mobile version