Pilkada
Rabu, 22 Mei 2013 - 19:27 WIB

PILGUB JAWA TENGAH : Golput di Solo Maksimal 25 Persen, Wawali Janjikan Pesta Sate Kambing

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Wawali Solo Achmad Purnomo (JIBI/SOLOPOS/Sunaryo Haryo Bayu)

Wawali Solo Achmad Purnomo (JIBI/SOLOPOS/Sunaryo Haryo Bayu)

SOLO — Ada saja ide Wakil Walikota (Wawali) Solo, Achmad Purnomo dalam menyikapi prediksi tingginya angka golput di Solo. Alih-alih menggencarkan sosialisasi Pilgub Jateng,  Achmad Purnomo justru menjanjikan pesta sate kambing bagi warga. Namun, janji itu tak cuma-cuma.

Advertisement

“Pesta sate kambing baru dilakukan jika angka golput di Solo maksimal 25%,” ujar Wawali saat berbincang dengan wartawan di Balaikota, Rabu (22/5/2013).

Usut punya usut, pengusaha SPBU ini gemas dengan tingginya angka golput di Solo. Meski sosialisasi telah gencar, golput di Kota Bengawan diprediksi masih menembus 35%.

Kekhawatiran tingginya golput diperparah dengan waktu coblosan yang bertepatan libur panjang, Minggu (26/5/2013). “Bisa jadi warga memilih bertamasya ketimbang memberikan suara,” ucapnya.

Advertisement

Ia berharap ajakannya berpesta sate kambing direspons warga dengan memanfaatkan hak pilihnya. Tak tanggung-tanggung, Wawali siap menggelar syukuran di setiap tempat pemungutan suara (TPS) yang tingkat golputnya tak lebih dari 25%.  Kota Solo sendiri memiliki 981 TPS yang tersebar di 51 kelurahan.

“Usulan ini sebenarnya datang dari warga Serengan. Waktu sosialisasi pilgub di sana, banyak yang menantang apa Pak Pur berani memberi hadiah jika golput rendah. Saya sih siap saja,” ujarnya sambil tersenyum.

Purnomo menolak rencana tersebut dikaitkan dengan dukungannya terhadap calon tertentu. Sebagaimana diketahui, Poernomo merupakan kader PDI Perjuangan (PDIP) yang mendukung pasangan Ganjar Pranowo-Heru Sudjatmoko.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif