Kejurnas Renang 2013
Sulsel Rebut Empat Emas

Ilustrasi.dokIlustrasi.dok

MAKASSAR-Tim renang Sulawesi Selatan hingga hari kedua berhasil merebut empat medali emas di Kejuaraan Nasional Renang di kolam renang Dewi Anjani, Sonokeling, Lingsar, Lombok Barat, 20-22 Mei 2013.

Pelatih Renang Sulsel Andre Sentosa, saat dihubungi dari Makassar, Selasa, mengatakan empat emas Sulsel seluruhnya dipersembahkan Muhammad Alamzah, masing-masing di nomor 100m gaya punggung, 200m gaya punggung, gaya bebas 50m, serta gaya ganti nomor 400m putra kategori KU.

“Dominasi Alamzah sudah mulai terlihat pada hari pertama dengan merebut dua medali emas. Hasil ini tentu menjadi kebanggaan dan kita berharap bisa tetap dipertahankan pada ajang mendatang,” jelasnya.

Selain perolehan empat emas, Alamzah juga berhasil menyumbangkan medali perak bagi kontingen Sulsel di nomor 800m gaya bebas. Perak lainnya diraih Muhammad Hamgari pada nomor lomba 200m gaya ganti.

Tim renang Sulsel juga berhasil mengoleksi tiga perunggu yang dipersembahkan Hamgari (gaya punggung 100m dan gaya ganti 400m) serta Reskyanto di nomor 100m gaya kupu-kupu.

“Perolehan medali Sulsel masih berpeluang bertambah karena masih akan turun pada hari terakhir, Rabu pagi. Kita juga berharap hasil sementara ini bisa membuat atlet lebih termotivasi pada pertandingan terakhir,” katanya.

Sekretaris Umum PRSI Sulsel Aksa Amir mengaku bangga dengan prestasi yang diraih para atlet. Keberhasilan atlet juga tidak lepas dari persiapan atlet yang cukup panjang di Makassar.

Terkait peluang Alamzah dan Hamgari meraih tiket tampil di kejuaraan renang ASEAN Age Group Swimming Championship, di Brunei Darussalam, 7-9 Juni 2013, kata dia, masih akan melihat limit yang ditorehkan.

“Sistem seleksinya memang berpatok pada waktu limit yang ditempuh setiap atlet di kejurnas. Artinya perolehan emas bukan menjadi penilaian layak tidaknya tampil di kejuaraan ASEAN,” ujarnya.

Pengprov Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) Sulsel menurunkan 19 perenang di kejurnas. Dari 19 atlet itu, sembilan atlet diantaranya merupakan perenang yang memang dinyatakan lolos pada seleksi sebelumnya. Sedangkan 10 perenang lainnya meski gagal lolos namun tetap bersedia tampil meski dengan konsekuensi harus menggunakan uang pribadi.

Sembilan perenang tersebut yakni Muh Alamsyah. M Alfadli, Siti Nurhaliza, Istiqamah, Nurkhaliza Harry, Andi Gumilang, Niken Yuniarti, Wanda Agustina, dan Rezkyanto.

Editor: | dalam: Sport,Umum |
Iklan Cespleng
Menarik Juga »